icon-category Auto

Bagnaia Berjaya di MotoGP 2023, Wujud Dominasi Ducati di Dunia Balap

  • 27 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Sejarah kembali terulang, kolaborasi tim dan pebalap Italia menguasai kejuaraan dunia MotoGP 2023. Francesco 'Pecco' Bagnaia yang mengendarai Ducati desmosedici GP bersama Ducati Lenovo mengakhiri musim 2023 dengan podium pertama di Valencia sekaligus mengunci gelar juara dunia dua kali berturut-turut.

Seperti diketahui Pecco berhasil memimpin klasemen hingga akhir di depan dua pebalap Ducati lainnya yaitu Jorge Martin dari Pramac dan Marco Bezzecchi dari VR46.

Selain di MotoGP, Ducati juga memenangkan gelar juara dunia di ajang WorldSBK yang dibawakan oleh Alvaro Bautista dan juara dunia WorldSSP yang dibawakan oleh Nicolo Bulega. Di sisi lain, Ducati juga memenangkan gelar Juara Dunia Konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut.

Dengan perolehan tersebut, membuat Ducati mendominasi dunia balap motor saat ini. Ducati menjadi satu-satunya pabrikan motor di luar Jepang yang mampu meraih gelar Juara Dunia di MotoGP.

alt-img

Claudio Domenicali selaku CEO Ducati mengatakan satu tahun lalu merayakan gelar Juara Dunia di MotoGP dan Superbike, kemudian merayakannya kembali di tahun ini. Menurutnya kekuatan para pebalap Ducati adalah demonstrasi terbesar dan paling nyata dari supremasi pabrikan Borgo Panigale di kompetisi roda dua.

"Pecco menjalani musim yang luar biasa dan hari ini dia menulis ulang sejarah kami lagi, menjadi pebalap Ducati pertama yang menjadi Juara Dunia dua kali di MotoGP," ujar Domenicali dalam keterangan resmi.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Jorge karena telah memicu duel perebutan gelar hingga balapan terakhir dan Bez, yang telah lama menjadi bagian dari tantangan Kejuaraan Dunia. Podium di klasemen keseluruhan MotoGP memberi penghargaan kepada tiga pebalap Ducati dan ini adalah demonstrasi terbesar dan paling nyata dari supremasi kami di kompetisi roda dua teratas," lanjutnya.

Perjuangan Pecco Bagnaia di MotoGP Valencia 2023 kemarin disaksikan langsung oleh banyak pihak. Mulai dari Ducati Lenovo Team, penonton di tribun Ducati di Spanyol, karyawan dan keluarga Ducati di Borgo Panigale turut menyaksikan momen-momen Bagnaia menjadi juara dunia.

Dominasi Ducati di kejuaraan balap motor dunia juga diapresiasi oleh Ducati Indonesia.

Jimmy Budhijanto selaku CEO Ducati Indonesia mengatakan performa Bagnaia sepanjang 2023 membuktikan murid Valentino Rossi memiliki mental juara sejati. Begitu juga dengan Alvaro Bautista yang sukses meraih gelar juara dunia WorldSBK dua musim beruntun.

"Sepanjang musim ini, Bagnaia berkali-kali mendapatkan tekanan, namun ia selalu mampu membalikkan situasi sulit menjadi sebuah kemenangan dan perayaan besar bagi Ducati," ucapnya.

"Gelar juara ini adalah hasil yang sangat layak bagi Pecco dan seluruh keluarga Ducati di dunia. Gelar juara dunia dua musim beruntun di MotoGP dan WorldSBK ditambah titel juara WorldSSP menjadi kado terbaik bagi seluruh keluarga Ducati di dunia tak terkecuali penggemar Ducati dan Ducati enthusiast di Indonesia," lanjut Jimmy.

Berikut Dominasi Ducati di ajang balap roda dua musim 2023

MotoGP:

17 – Kemenangan yang diraih pebalap Ducati di Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 – Rekor Sepanjang Masa di MotoGP

6 – Pembalap Ducati mampu memenangkan setidaknya satu balapan musim ini (Bagnaia, Bastianini, Bezzecchi, Di Giannantonio, Martin, Zarco) – Rekor sepanjang masa di MotoGP

9 – Balapan Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 di mana podium seluruhnya terdiri dari pebalap Ducati - Rekor MotoGP

44 – Podium yang diraih pebalap Ducati selama musim 2023 untuk 8 pebalap berbeda (semua pebalap Ducati yang masuk di Kejuaraan MotoGP naik podium minimal satu kali dalam satu musim)

17 – Pole position yang diperoleh pebalap Ducati selama MotoGP 2023 musim

46 – Balapan MotoGP berturut-turut di mana seorang pebalap Ducati menempati posisi 3 Besar (juga semua Balapan Sprint musim 2023 berakhir dengan setidaknya satu pebalap Ducati naik podium)

WorldSBK:

27 – Kemenangan diraih oleh Juara Dunia Alvaro Bautista di musim WorldSBK 2023 – Rekor Sepanjang Masa di WorldSBK

59 – Kemenangan keseluruhan Álvaro Bautista dengan Ducati Panigale V4 R di WorldSBK, menjadikannya pebalap tersukses dalam sejarah Superbike Ducati di depan legenda Carl Fogarty (55) dan Troy Bayliss (52) – Rekor Sepanjang Masa Ducati

45 – Podium yang diraih pebalap Ducati pada balapan Superbike World Championship 2023

79 - Kemenangan WorldSBK diraih Panigale V4 R dari musim debutnya (2019) hingga saat ini

WorldSSP:

16 – Kemenangan diraih Juara Dunia Nicolò Bulega di WorldSSP 2023 musim

33 – Podium diraih pebalap Ducati yang mengendarai Panigale V2 pada balapan World Supersport Championship 2023

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini