icon-category Digilife

Bakal Ada Iklan di Netflix, Harga Langganan Turun Gak Nih?

  • 11 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Juraj Gabriel/Unsplash

    Uzone.id - Kehilangan 200 ribu pelanggan di Q2 2022 bikin Netflix memutar otak dan membuat strategi baru dengan mencoba menghadirkan iklan untuk pertama kalinya di platform mereka.

    Langkah yang cukup besar dan bikin pelanggan ngarep biaya langganan jadi lebih murah, namun besar juga anggapan kalau Netflix 'haus' akan pendapatan lebih banyak.

    Platform streaming lain seperti Hulu dan HBO sudah lebih dulu menghadirkan iklan di platformnya dengan harga yang lebih terjangkau. Gak mau kehilangan lebih banyak pelanggan akhirnya bikin Netflix luluh untuk memunculkan iklan di platform mereka.

    Menurut laporan The New York Times, Netflix sudah memberitahu karyawannya kalau dukungan iklan di Netflix ini sedang direncanakan meluncur 3 bulan terakhir di tahun 2022.

    Co-founder dan co-CEO Netflix Reed Hastings mengatakan kepada investor bahwa perusahaan bakal berencana menghadirkan iklan sekitar satu atau dua tahun ke depan. 

    “Saya pengagum pilihan konsumen,” kata Hastings, dikutip dari Digital Trends, Rabu, (11/05/2022).

    Baca juga: Game Legendaris 30 Tahun, Akhirnya Rilis di Ponsel

    “Memungkinkan konsumen untuk mendapat harga lebih rendah dan memberikan apa yang diinginkan para advertising-tolerant adalah langkah yang masuk akal,” tambahnya.

    Oleh karena itu, Netflix terus melakukan pengembangan serta mencari tahu mengenai kebutuhan tersebut selama satu hingga dua tahun ke depan.

    “Anggaplah kami ini cukup terbuka untuk menawarkan harga yang lebih rendah dengan iklan sebagai pilihan konsumen,” ungkap Hastings.

    Langganan Netflix paling rendah dibanderol dengan harga Rp54 ribu untuk pengguna mobile, Rp120 ribu untuk paket Dasar, Rp153 ribu untuk paket Standar dan Rp186 ribu untuk paket Premium.

    Jika Netflix benar menghadirkan iklan di platformnya, bisa jadi Netflix menambahkan paket baru dengan pilihan harga yang lebih terjangkau. 

    Kuartal kedua tahun ini, Netflix kehilangan sekitar 200 ribu pelanggannya, penurunan ini jadi yang pertama kali selama 10 tahun terakhir. 

    Baca juga: NASA Kirim Foto Bugil ke Luar Angkasa, Caper ke Alien?

    Tak hanya itu, platform streaming ‘si merah’ ini juga diramal bakal kehilangan sekitar 2 juta pelanggannya di kuartal ketiga. Proyeksi ini bikin saham Netflix anjlok dan bikin perusahaan memutar otak untuk menarik kembali minat pelanggannya.

    Belum tahu bagaimana nantinya iklan tersebut muncul di platform, apakah akan seperti iklan-iklan lainnya yang muncul setiap sekian menit sekali saat nonton film atau bagaimana. 

    Namun, langkah ini cukup menarik untuk dinantikan terlebih dengan kemungkinan harga yang lebih rendah bakal cukup membuat pelanggan kembali lagi ke platform ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini