home ×
Startup

Bangga Gojek-Tokopedia Merger, Ini Harapan Kominfo

20 May 2021 By
Bangga Gojek-Tokopedia Merger, Ini Harapan Kominfo
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Bersatunya dua startup raksasa Indonesia, Gojek dan Tokopedia menjadi Grup GoTo turut menyita perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hal ini dianggap sebagai momentum penting bagi sektor ekonomi digital.

“Kami menyampaikan selamat dan turut berbangga atas merger antara Tokopedia dan Gojek menjadi GoTo group,” ungkap Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi kepada Uzone.id, Rabu (19/5).

Ia melanjutkan, “merger ini adalah salah satu titik pijakan penting bagi pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Merger ini juga menunjukkan posisi Indonesia sebagai negara yang mampu memanfaatkan peluang besar di tengah pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan teknologi digital.”

Baca juga: GoTo Financial Diharapkan Bawa UMKM ke Tingkat Asia Tenggara

Kehadiran GoTo di lanskap ekonomi digital Indonesia ini, Dedy juga menyampaikan harapan Kominfo yang dapat dicapai dari kontribusi yang akan dilakukan ke depannya.

“Merger ini diharapkan tetap berfokus pada aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya pengembangan UMKM dan UMi lokal [pembiayaan ultra mikro],” tutup Dedy.

Menyusul dengan lahirnya GoTo sebagai bukti atas kemajuan ekosistem startup digital di Tanah Air, Dedy juga menyampaikan beberapa upaya Kominfo untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.

Upaya tersebut meliputi tata kelola data, pengendalian konten digital, pengembangan literasi digital dan talenta digital, serta pemerataan infrastruktur digital.

Baca juga: Gandeng Gojek, Tokopedia Sokong Ini untuk GoTo

Grup GoTo diketahui akan berkontribusi lebih dari 2 persen terhadap total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis dan bertumbuhnya ekonomi.

Ekosistem GoTo sendiri bertujuan untuk menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi terdepan di Indonesia yang menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global.

Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo juga akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id