icon-category Digilife

Banjir Melanda, Begini Kondisi Awan di Atas Jakarta Dilihat Sadewa

  • 25 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Polisi bantu pengemudi motor saat melintasi banjir di Jakarta (Foto: TMC Polda Metro Jaya)


    Uzone.id - Indonesia punya satelit bernama Sadewa (Satellite Disaster Early Warning System) yang diluncurkan sejak 2005.

    Sadewa, yang dioperasikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), merupakan sistem informasi peringatan dini bencana berbasis teknologi satelit dan juga bisa dilengkapi sensor-sensor terestrial.

    Satelit ini diluncurkan pada tahun 2005 yang mengorbit di gostastioner atau mengikuti gerakan rotasi bumi serta berada tepat di atas garis ekuator (lintang 0 derajat) yang mengorbit di ketinggian 35.800km di atas khatulistiwa.

    Sadewa bisa memantau kondisi secara real-time dan kemudian kita bisa memperkirakan kemungkinan potensi bencana dengan menggunakan model komputer.

    Baca juga: Ruas Jalan Berikut Ini Masih Tinggi karena Banjir Jakarta Selasa Pagi

    Seperti banjir yang melanda kawasan Jakarta, sebagian Provinsi Jawa Barat dan Banten pada Selasa (25/2/2020). Bahkan banjir besar menerjang jalan raya di Jakarta bikin sistem ganjil genap pun ditiadakan.

    Beberapa jam yang lalu, LAPAN melalui akun Twitter @LAPAN_RI menampilkan citra dari Sadewa yang memperlihatkan kondisi awan di wilayah Jakarta, dan sebagian Jawa Barat dan Banten.

    "Selamat pagi Sobat LAPAN ! Wilayah Jakarta dan sekitarnya lagi terkena musibah banjir sob. Jaga diri dan kesehatan ya sob. Hujan lebat melanda wilayah Jakarta sejak malam sampai pagi hari ini. Tetapi seperti apa intensitas hujan sebenarnya berdasarkan citra satelit?

    Baca juga: Kondisi Jalan Tol yang Terdampak Banjir Jakarta

    Terlihat warna hitam menunjukan curah hujan tinggi, sedangkan warna biru gelap menunjukan curah hujan sedang, sedangkan warna abu-abu menunjukkan curah hujan rendah.

    Caption

    Uzoners juga bisa mengakses informasi Sadewa dengan berkunjung ke situs http://sadewa.sains.lapan.go.id/. Situs ini akan tampilkan data awan penyebab hujan.

    Data-data itu bisa jadi acuan untuk memprediksi intensitas hujan di Indonesia.

     

     

    Caption

     

     

    VIDEO Samsung Galaxy Note 10 Lite, Flagship Tapi Murah?

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini