icon-category Gadget

Baterai iPhone Boncos Setelah Update iOS 17.2.1? Cobain Solusi Ini

Bagikan :

Uzone.id - Apple baru-baru ini merilis update ke iOS versi 17.2.1. Pembaruan ini awalnya digulirkan untuk memperbaiki sejumlah masalah di iPhone, tapi malah menimbulkan beberapa isu baru terkait konektivitas dan baterai.

Sejumlah pengguna iPhone melaporkan smartphone mereka yang tiba-tiba kehilangan sinyal dan tak terhubung ke jaringan seluler setelah memperbarui sistem ke iOS 17.2.1.

“Saya menggunakan T-Mobile. Saya berbicara dengan tim support dan membawa ponsel ke toko. Mereka mengganti SIM sebanyak dua kali, pertama dengan eSIM dan kedua menggunakan kartu SIM yang baru,” jelas salah seorang pengguna di Apple Community Forum.

“Tidak ada profil VPN yang terpasang. Juga tidak ada IP pada personal hotspot. Hanya sulit terhubung ke internet di ponsel. Seringkali, saya mendapat pesan yang mengatakan saya perlu mengaktifkan data seluler, meskipun koneksi menunjukkan 4 bar 5G,” jelasnya, seperti dikutip dari BGR.

Sejumlah pengguna lain bahkan melaporkan. Ia sempat me-reset iPhone-nya untuk mengatasi masalah tersebut, tapi tetap tidak berhasil. 

“Setelah memperbarui iPhone saya tadi malam ke 17.2.1, saya tidak dapat lagi terhubung ke penyedia jaringan saya. Mencoba mengatur ulang dan tetap tidak berhasil! Sangat membuat frustasi,” ucap pengguna dengan akun Hedgehog64.

Selain sulit terhubung ke jaringan seluler, pengguna iPhone juga mengeluhkan update iOS 17.2.1 yang bikin baterai lebih cepat habis. Agak ironis sebenarnya, lantaran iOS 17.2.1 sendiri disebar untuk memperbaiki bug baterai pada iPhone yang jadi boros.

Apple belum memberikan komentar resminya terkait masalah ini. Sejumlah pengguna di Apple Community Forum membagikan beberapa solusi sementara untuk menyelesaikan masalah di iOS 17.2.1.

Di antaranya dengan menghapus profil VPN. Caranya, dengan mengakses Settings dan masuk ke General. Kemudian, akses VPN & Device Management, masuk ke menu VPN, dan tap ikon ‘i’ di profil VPN. Lalu, hapus profil VPN. 

Cara ini diklaim dapat mengatasi bug jaringan seluler yang hilang di iPhone. Tips lainnya, dengan mengatur ulang jaringan dengan masuk ke Settings, lalu masuk ke General. Klik Transfer or Reset iPhone, pilih Reset, dan ketuk Reset Network Settings.

Kalau cara di atas masih gak bisa, lakukan Factory Reset. Namun ini jangan dilakukan kalau kalian takut kehilangan data pada iPhone kalian. Kalaupun terpaksa, lakukan backup data penting terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal.

Solusi lainnya, install update iOS 17.3 versi Beta. Tapi, kalian harus jadi anggota program Beta Apple terlebih dahulu. Dan perlu diingat, OS versi beta masih banyak bug juga, jadi jadikan ini sebagai solusi terakhir saja.

Atau, tunggu Apple merilis iOS 17.3 versi stable untuk mengatasi masalah-masalah tadi. Namun sekali lagi, belum ada kepastian kapan Apple akan merilisnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini