icon-category Gadget

Ngecas Pakai Charger KW, Kabel iPhone 15 Pro Max Malah Meleleh

Bagikan :

Uzone.id - Hati-hati kalau ngecas iPhone 15 Pro Max pake adaptor charger yang tak resmi. Bisa-bisa, kabel USB-C meleleh dan malah bikin ponsel seharga Rp24 jutaan tersebut rusak total.

Hal ini yang dialami pemilik iPhone 15 Pro Max saat curhat di situs Reddit. Pengguna dengan akun NoisilyMarvellous itu mengunggah foto iPhone 15 Pro Max miliknya dengan ujung kabel USB-C yang terbakar dan masih menempel pada port-nya.

“Saya tahu iPhone 15 Pro Max menjadi panas, tetapi setelah digunakan selama sebulan, iPhone saya menjadi sangat panas saat mengisi daya semalaman, sehingga jari saya benar-benar terbakar,” katanya, seperti dikutip dari BGR.

“Saat saya mencabut charger, sebagian plastiknya meleleh, meninggalkan bekas terbakar di bodi dan bagian logam port USB-C tersangkut di ponsel,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ponsel miliknya dicas semalaman dengan fitur Optimized Charging yang menyala. Ia pun mengungkapkan bahwa jenis charger dan kabel USB-C yang digunakan apakah merupakan versi standar yang ia beli lewat situs Amazon.

alt-img

“Saya tidak memiliki Apple Care, apakah ini sesuai yang akan diperbaiki oleh Apple?” tanyanya kepada pengguna Reddit lainnya.

Ratusan pengguna Reddit pun berkomentar di postingannya. Banyak di antaranya menyalahkan si pengguna lantaran menggunakan charger tak resmi yang murah untuk mengisi daya ‘ponsel mahal’ seperti iPhone 15 Pro Max.

Mereka menasehatinya untuk menggunakan charger resmi dari Apple atau aksesoris pihak ketiga dengan sertifikasi MFi (Made for iPhone) dari Apple. 

Dalam komentar terpisah, si pemilik iPhone 15 Pro Max mengatakan bahwa ia berhasil mencabut bagian kabel yang meleleh dari port USB-C. Sayang, bagian dalam port sudah terbakar dan tidak bisa dipakai untuk mengisi daya baterai lagi.

“Seluruh bagian dalamnya menghitam, dan yang terpenting, tidak dapat diisi lagi dengan pengisi daya kabel,” cerita NoisilyMarvellous.

Beruntung baginya, iPhone 15 Pro Max sudah mendukung wireless charging, sehingga untuk sementara masalah pengisian daya bisa diatasi. Kabar buruknya, karena tidak di-cover oleh Apple Care, maka biaya perbaikan iPhone 15 Pro Max bakalan mahal. So, jangan pakai charger-an KW ya!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini