icon-category Auto

Bedah Spek Teknis Toyota GR 86, Mesin Lebih Besar Tenaga Membuas!

  • 18 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Toyota coba memanjakan para Petrolhead dan kolektor mobil sport dengan menghadirkan versi terbaru dari GR 86, yang merupakan generasi ke dua.

    Semua poin kelebihan Toyota 86 semakin diperkuat oleh All New GR86, ditambah dengan peningkatan tenaga mesin yang membuat pelanggan tersenyum di balik kemudi, menikmati momen berkendara yang menyenangkan.

    “Toyota 86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan juga mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

    Baca juga: Penjualan Daihatsu Meroket, Sigra jadi Model Terlaris

    Untuk mengeluarkan potensi mesin secara maksimal, struktur dasar engine dipikirkan ulang sepenuhnya menggunakan platform TNGA.

    Serta konfigurasi keseluruhan dikembangkan oleh engineer Toyota untuk mencapai performa berkendara tingkat tinggi dan menghasilkan emisi gas buang rendah.

    Mencapai salah satu tingkatan terbaik terkait tenaga mesin dan efisiensi termal, teknologi canggih Toyota berkode D-4S mengatur pembakaran berkecepatan tinggi dan sistem kontrol variabel. 

    Tujuannya untuk mencapai efisiensi termal yang lebih besar dan menghasilkan tenaga lebih kuat, berkat pengurangan energy loss yang terkait dengan sistem pembuangan dan pendinginan serta pergerakan komponen mekanis.

    Aplikasi mesin boxer ditempatkan serendah mungkin untuk memperoleh pusat gravitasi lebih ke bawah dan lebih aerodinamis. 

    Engine yang bergerak berlawanan secara horizontal ini menggunakan blok mesin yang sama seperti Toyota 86, namun kapasitas mesin 4-silinder berkode FA24 ditingkatkan dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc dengan menambah diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.

    Tenaga maksimum All New GR86 meningkat sekitar 17,5% dari 200 PS menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Torsi juga naik 22% dengan puncak 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya yang berada di level 205 Nm pada 6.400–6.600 rpm.

    Kombinasi daya yang optimal membantu menghasilkan performa yang mulus dan bertenaga hingga putaran mesin tinggi serta memberikan akselerasi yang memuaskan saat keluar dari tikungan berkat torsi kuat di putaran lebih rendah.

    Untuk distribusi tenaga, merujuk pada rekam jejak sports car Toyota yang memanfaatkan Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang.

    Dimulai tahun 1973, Toyota Celica 1600GT langsung meraih posisi ke-6 umum dan juara pertama di kelasnya pada ajang Nurburgring 6-Hour Race.

    Basis data yang lengkap serta pengalaman panjang menciptakan mobil RWD yang fun to drive diwarisi sejalan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing dalam menghadirkan ever-better cars, termasuk oleh All New GR86.

    Sistem suspensi All New GR86 sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi. Karakteristik peredam kejut dan per keong dioptimalkan untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi.

    Baca juga: Testimoni Wanita Karir yang Kepincut All New Honda BR-V

    Ditambah dengan Torsen limited-slip differential memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

    “Baik engine maupun suspension pada All New GR86 ini secara khusus dituning secara inhouse oleh tim balap TOYOTA GAZOO Racing untuk menghasilkan karakter berkendara yang lebih sporty, serta akselerasi dan handling yang lebih responsive,” kata Anton.

    All New GR86 mengekspresikan layout mesin depan dan penggerak roda belakang dengan mengadopsi style yang merujuk pada mobil sport klasik Toyota seperti Corolla 2000GT dan AE86.

    Ciri khasnya ruang mesin lebih panjang, kabin kompak, dan bodi lebar. Bahu mobil yang rendah dan sejajar garis kap mesin memberikan nuansa klasik sekaligus modern.

    TGR membawa keahlian dan pengalaman di arena balap touring untuk memaksimalkan keunggulan aerodinamika sekaligus menanamkan racing look yang tegas. 

    Seperti penggunaan Front Air Dam depan, Aero Stabilizing Grain di sudut bumper, Air Outlet di belakang roda depan, Side Sill Spoiler di bawah pintu, Rear Wheel Arch Fin pada lingkaran spatbor belakang, dan Rear Air Breather di bawah bumper depan.

    Sementara di atasnya, Ducktail Spoiler membantu menjaga kestabilan memanfaatkan aliran udara dari atap mobil. Selain itu, All New GR86 juga dibekali dengan 18-inch alloy wheel menguatkan racing look-nya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini