home ×
Startup

Pelatihan Skill Trending 2021 di Pijar Mahir, Apa Saja?

28 May 2021 By
Pelatihan Skill Trending 2021 di Pijar Mahir, Apa Saja?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Gianandrea Villa / Unsplash)

Uzone.id - Pijar Mahir merupakan digital platform untuk learning milik Telkom Indonesia. Digital platform ini menyediakan pelatihan-pelatihan dari kategori-kategori tertentu untuk ilmu-ilmu terapan.

Salah satu produk dari Pijar Mahir, segmentasinya untuk para profesional. Jadi, kamu kalau inngin mengasah hard skill dan soft skill dalam bekerja bisa belajar lewat platform Pijar Mahir.

Crusita Audina, Marketing Lead Pijar Mahir, menuturkan bahwa di negara Indonesia menurut data dari World Bank, ada 55 persen SDM yang tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan pasar tenaga kerja.

McKinsey Global Institute pun memperkirakan Indonesia akan membutuhkan 113 juta tenaga kerja terampil pada tahun 2030 sekitar 3,7 juta per tahun.

BACA JUGA: Nama Sama, Wanita Bernama Siri "Tuntut" Apple Kasih Hadiah Ultah

Menurut Sita, sapaan akrabnya, para YouTubers di Indonesia ini sedang trend memiliki multibahasa sehingga menarik bagi mereka yang ingin belajar lebih mengenai Bahasa.

“Dan ternyata demand-nya juga tinggi di tahun ini dan tahun berikutnya,” tutur Sita saat berbicara di program Uzone Talks bertema “Pentingnya Upgrade Skill SDM Lokal”, pada Kamis (27/5/2021).

Setelah bahasa, yang banyak permintaan di Pijar Mahir adalah presenter personal atau popularity.

“Nah, ini baru juga nih. Zaman orangtua kita gak ada nih influencer, youtuber. Gak ada kan zaman dulu,” kata Sita.

Menurutnya, tahun ini banyak sekali ilmu terapan baru yang ternyata permintaannya sangat tinggi. Di antaranya itu tadi, presenter personal atau popularity.

Sita juga mencontohkan anak-anak kecil sekarang banyak yang bercita-cita jadi YouTuber karena bisa menghasilkan uang dari YouTube.

“Nah, itu juga (pelajaran jadi YouTuber) ada pelajarannya di Pihar Mahir, jangan salah, jadi pelajaran-pelajaran kayak gitu tuh ada, walaupun kayaknya receh, padahal enggak,” kata dia.

Dia menjelaskan, untuk menjadi YouTuber tersedia pelajaran teori-teori, seperti bagaimana membuat konten, cara mengolah konten, dan cara penempatan kamera yang baik dan benar.

Setelah itu, masyarakat juga banyak yang mempelajari digital marketing di Pijar Mahir. Setelah itu banyak yang berminat bejajar membuat UI/UX.

“UI/UX tuh penting banget sekarang karena misalnya sebuah aplikasi user journey-nya gak enak, pasti gak bakal ada yang pakai,” tutur dia.

Kemudian, ada machine learning macam artificial intelligence (AI). Menurut Sita, pelajaran itu seperti sophisticated. Namun, sebenarnya kalau mungkin dipelajari dulu dasarnya tidak se-sophisticated yang dipikirkan.

“Kemudian, blockchain, dan lain-lain di digital skill,” katanya.

Untuk selengkapnya, kamu bisa tonton video di bawah ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id