Uzone.id - Consumer Payment Attitude Study terbaru Visa terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa 7 dari 10 konsumen telah menggunakan app/website untuk berbelanja pertama kali sejak terjadinya pandemi.
Data studi tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan konsumen menggunakan kartu kredit mereka untuk berbelanja, baik secara online maupun secara tatap muka menggunakan fitur contactless.
Tokopedia - yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial - bersama para mitra strategisnya termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI), tercatat telah menjangkau masyarakat Indonesia di 99 persen kecamatan di Indonesia dengan lebih dari 500.000 titik pembayaran se-Indonesia.
Tak berhenti sampai di situ, BRI bersama Tokopedia akan terus melanjutkan kolaborasi dan menghadirkan inovasi lainnya guna menjawab kebutuhan masyarakat, serta mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia lewat pemanfaatan teknologi.
Baca juga: Kartu Prakerja juga Diminati Petani
Salah satunya adalah dengan menghadirkan produk dan layanan keuangan digital dengan meluncurkan Tokopedia Card. Ini adalah kartu kredit terbaru ini hadir untuk melengkapi kebutuhan alat pembayaran bagi pengguna marketplace di seluruh Indonesia.
“Kerja sama ini menjadi bentuk dukungan berkelanjutan BRI terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan, salah satunya dengan meningkatkan transaksi nontunai,” ungkap Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani.
Hal ini menjadi bukti bahwa lembaga perbankan dapat berkolaborasi dengan marketplace untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dengan teknologi digital.
Dengan adanya Tokopedia Card, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia, tidak hanya dalam berbelanja, namun juga dalam mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau penggunaan kartu kredit tersebut.
Baca juga: Bagaimana Membangkitkan Nasionalisme dengan Teknologi Informasi
Berbeda dengan kartu kredit pada umumnya, desain kartu Tokopedia Card juga sangat unik.
Dengan memindai atau scan QR yang ada di muka kartu, pengguna bisa langsung menemukan berbagai promo menarik, mengecek dan mengatur transaksi kartu melalui aplikasi Tokopedia. Inovasi ini membuat pengalaman pengguna menjadi lebih #PraktisAbis.
Selain pelayanan yang lebih mudah, pengguna Tokopedia juga dapat bertransaksi dengan kartu kredit di dalam maupun luar negeri di seluruh jaringan Visa baik secara online maupun transaksi offline di lebih dari 70 juta lokasi merchants di seluruh dunia.
“Hanya memerlukan KTP, pengguna bisa mengajukan Tokopedia Card secara mudah, cepat dan sepenuhnya secara online,” tambah SVP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari.
Hal ini dimungkinkan karena proses tersebut memanfaatkan layanan penilaian kredit (credit scoring) Toko Score sehingga pengguna tidak memerlukan dokumen tambahan. Toko Score juga sudah digunakan oleh berbagai lembaga jasa keuangan terpercaya, termasuk BRI.
Baca juga: Begini Upaya Tingkatkan Literasi Digital
Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan, “Visa sangat senang dapat turut mendukung peluncuran Tokopedia Card dalam rangka semakin membuka akses serta meningkatkan penggunaan pembayaran digital di Indonesia.
Adapun berbagai keuntungan yang dapat dinikmati oleh pemegang Tokopedia Card*:
Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini