icon-category Gadget

Benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Seberapa Kencang?

Uzone.id - Beberapa waktu yang lalu, beredar bocoran yang mengungkap spesifikasi utama dari Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S23+. Kedua smartphone tersebut diharapkan bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, prosesor baru dari Qualcomm yang akan meluncur akhir tahun ini.

Seperti kebiasaan Samsung yang tak pernah membeda-bedakan jenis chipset dari tiap tipe Galaxy S Series, maka seharusnya Samsung Galaxy S23 Ultra pun bakal ditopang oleh prosesor yang sama.

Hal ini seolah dikonfirmasi oleh bocoran benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra di situs Geekbench. Ponsel dengan nomor model SM-S918U itu masuk ke dalam daftar benchmark Geekbench, sekaligus memperlihatkan jenis chipset yang digunakannya.

Diketahui, suksesor Samsung Galaxy S22 Ultra itu ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2. SoC (system on chip) itu punya clock-speed pada prime-core mencapai 3,36 GHz, tertinggi di antara prosesor Snapdragon lainnya.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy S23, Spek Upgrade Tapi Kamera Masih Sama

Dengan kecepatan yang naik signifikan, smartphone ini juga meraih skor yang tinggi di Geekbench. Samsung Galaxy S23 Ultra memperoleh skor benchmark 1.521 poin pada pengujian single-core dan 4.689 poin untuk multi-core.

Nilainya sedikit ketinggalan dari Samsung Galaxy S23 standar yang mendapatkan nilai 1.524 poin pada single-core, namun jauh lebih tinggi pada tes multi-core dimana Galaxy S23 mendapatkan 4.597 poin.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Dari daftar spesifikasi yang tampil di situs Geekbench, Samsung Galaxy S23 Ultra juga dibekali dengan RAM 8 GB dan sudah berjalan di One UI 5.0 berbasis Android 13. Mungkin model yang diuji adalah tipe terendah, karena smartphone ini diharapkan bakal membawa RAM sampai 12 GB dengan penyimpanan internal sampai 512 GB atau bahkan 1 TB.

Dikutip dari Mysmartprice, Samsung Galaxy S23 Ultra akan ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Namun sayangnya, teknologi fast charging yang diusungnya menurun dari sebelumnya 45W menjadi 25W saja.

Bocoran lainnya, smartphone ini punya desain yang kurang lebih sama dengan seri terdahulu. Lubang kamera mungil pun masih disertakan di tengah atas layarnya.

Baca juga: Ragam Fitur di One UI 5, Bisa Pasang Video jadi Lock Screen

Bedanya, bezel yang mengelilingi panel Dynamic AMOLED generasi terbaru berukuran 6,8 inci dan beresolusi QHD+ ini jauh lebih tipis dan simetris. Refresh rate layarnya juga masih 120Hz yang adaptif, seperti seri sebelumnya.

Menyoal kamera, Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan empat kamera dimana satu kamera utama menggunakan sensor premium 200 MP. Ada juga kamera telephoto dengan kemampuan 10x optical-zoom dan 100x digital-zoom yang disebut Samsung juga sebagai ‘Space Zoom’.

Smartphone ini diharapkan akan diluncurkan pada Februari tahun depan. Ada beberapa varian warna yang diperkenalkan, termasuk Beige, Black, Green dan Light Pink.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini