icon-category Auto

Bentley State Limousine Milik Ratu Elizabeth II, Cuma Ada Dua di Dunia

  • 09 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Bentley State Limousine (Foto: Paultan)

    Uzone.id - Semasa hidupnya, mendiang Ratu Elizabeth II memiliki kecintaan terhadap dunia otomotif yang dimulai sejak Sang Ratu masuk militer. 

    Saat Ratu Elizabeth II berusia 18 tahun, tepatnya pada tahun 1944, ia bergabung di Angkatan Darat Inggris, Auxiliary Terrirorial Service (ATS). Ratu Elizabeth II adalah satu-satunya perempuan dari keluarga kerajaan yang menjadi tentara.

    Di ATS, beliau dilatih sebagai sopir truk dan mekanik, seperti mengganti ban dan memperbaiki kendaraan berat yang digunakan tentara.

    Ketika ia naik takhta pada 6 Februari 1952 atau setelah kematian sang ayah, George VI, banyak mobil-mobil mewah yang jadi bagian koleksinya. Salah satu mobil favorit Ratu Elizabeth II adalah Bentley State Limousine.

    BACA JUGA: Ratu Elizabeth II, Satu-satunya Orang Inggris yang Boleh Gak Punya SIM

    Ratu Elizabeth II dilaporkan sering bepergian dengan Bentley State Limousine, bahkan beliau juga sering terlihat menyetir sendiri. Mobil ini seringnya digunakan untuk acara-acara resmi. 

    Hanya ada dua unit kendaraan negara yang khusus dipersembahkan kepada Ratu ketika merayakan ulang tahun ke-50 menjadi penguasa Inggris Raya.

    Bentley State Limousine digunakan untuk membawa Elizabeth II ke lokasi yang aman. Mobil ini membawa mesin V8 twin-turbo 6,75 liter yang dimodifikasi dari Arnage R untuk menghasilkan 406 PS (400 hp) dan torsi 835 Nm.

    Bentley State Limousine ditaksir punya nilai 10 juta pound sterling atau sekitar Rp172 miliar (kurs Rp17.200 per 1 pound sterling).

    Tak cuma mewah, Bentley State Limousine pun dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan canggih. Mobil ini punya pelindung anti peluru dan tahan ledakan, kemudian bisa disegel kedap udara jika terjadi serangan gas atau bahan kimia.

    Di bagian ban diperkuat kevlar sehingga kendaraan bisa terus melaju dengan kecepatan tinggi saat menghadapi keadaan darurat.

    Tentu saja, karena ini brand Bentley, kenyamanan tidak dikorbankan. Ratu menata interior mobil sesuai dengan seleranya.

    BACA JUGA: SUV Ferrari Purosangue Siap Debut pada 13 September

    "Posisi kursi belakang ditentukan pakai model dengan tinggi yang sama persis dengan Ratu. Kemudian ada tas penyimpanan dirancang sesuai dimensi tas favorit Ratu," kata Bentley, dilansir Paultan.

    Produsen tekstil Inggris Hield Brothers memproduksi kain wol domba yang digunakan untuk pelapis kursi belakang. Bentley ini juga pakai karpet pakai warna biru pucat di bagian belakang dan biru tua di bagian depan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini