icon-category Auto

Berapa Banyak Mobil Listrik yang Dipakai KTT G20? Tembus 1.000 Unit!

  • 10 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Wuling

    Uzone.id - KTT G20 hanya tinggal menghitung hari untuk diselenggarakan di Bali. Indonesia kali ini bakal mengedepankan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional konferensi internasional tersebut.

    Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan mobil berbasis battery electric vehicles (BEV) dari hasil pembelian sendiri, maupun dari kerjasama dengan sejumlah pabrikan.

    Tercatat untuk pabrikan yang berkontribusi menyumbangkan kendaraan listrik-nya ada Hyundai, Toyota, juga Wuling yang akan digunakan untuk mengantar tamu VVIP, dan delegasi, di antaranya Xin Jiping, dan Joe Biden.

    BACA JUGA: Ioniq 5 Lama Inden, Toyota bZ4X Meluncur di RI 10 November

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping bakal menghadiri KTT G20 di Bali.

    Jokowi mengatakan sudah ada 17 kepala negara ataupun kepala pemerintahan yang bakal hadir KTT G20.

    "Sudah, sudah, yang sudah pasti 17," kata Jokowi dalam video di YouTube Sekretariat Presiden, yang dikutip Uzone.id.

    Dijelaskan lebih lanjut oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mereka akan hadir di Bali, kemudian disambut dengan rangkaian kendaraan listrik.

    Jadi ini showcase bagi komitmen Indonesia untuk menggunakan kendaraan listrik, jadi yang digunakan adalah rangkaian kendaraan seluruhnya full listrik yang akan mengantar para delegasi.

    "Jadi 836 mobil listrik bagi VVIP dan delegasi yang didukung oleh Hyundai, Toyota dan Wuling," jelas Setya.

    BACA JUGA: Gak Cuma TV, Polytron Kini Jual Motor Listrik EVO

    Setya mengatakan 836 unit mobil listrik itu merupakan hasil kerja sama pemerintah, dalam hal ini panitia nasional, dan pabrikan swasta tersebut dengan status peminjaman.

    Namun Setya mengatakan ada beberapa yang bentuknya pengadaan pembelian untuk TNI dan Polri. Nantinya, kendaraan listrik tersebut akan diperlukan untuk patroli dan lain sebagainya.

    Pengadaan itu termasuk motor dan mobil listrik. Jumlahnya sebanyak 128 unit untuk mobil dan 454 motor listrik. Kemudian, Setya mengatakan pemerintah menyediakan 26 bus listrik untuk KTT G20.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini