icon-category Telco

Berbanggalah Warga Bekasi, Internet Kota Kalian Terkencang Se-Indonesia

  • 21 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: Unsplash

Uzone.id – Bekasi baru saja menorehkan prestasi sebagai kota dengan internet paling kencang se-Indonesia. Dari 170 kota di dunia, Bekasi berada di urutan ke-134 internet mobile dengan kecepatan download 16,47 Mbps dan upload 11,64 Mbps. 

Berdasarkan penilaian Speedtest Global Index bulan September 2022, sebuah situs yang menyediakan pengujian kecepatan internet, ada kriteria tertentu sebuah kota bisa masuk dalam daftar penilaian mereka.

Adapun kriteria yang bisa masuk dalam daftar pengujian yaitu setiap negara akan diambil dua kota terbesar. Kota tersebut juga harus memiliki lebih dari 500 ribu penduduk dan cukup untuk dimasukkan ke dalam sampel. Sementara untuk kriteria peringkat Speedtest Global Index sendiri didasarkan pada rata-rata kecepatan download penduduk di kota tersebut.

Baca juga: XL Axiata-First Media Geber Internet Ngebut 1 Gbps di Rumah

Di Indonesia selain Bekasi, kota yang juga maksud ke daftar Speedtest Global Index yaitu Jakarta Selatan yang berada di peringkat 136 dengan detail kecepatan download 16,14 Mbps, sedangkan upload 10,90 Mbps.

Selain internet mobile, Speedtest juga menilai fixed broadband dari sebuah kota. Fixed broadband sendiri adalah jalur komunikasi yang tetap dengan kriteria bandwidth kurang lebih dari 256 kbps dan tidak dapat dipindah-pindah. Contohnya seperti Speedy, First Media, Indihome, dll.

Baca juga: Kita Bertanya, Ahli Menjawab: Kenapa Sih Data Bisa Bocor?

Dalam penilaian fixed broadband, lagi-lagi Bekasi berhasil masuk dan menduduki peringkat ke-136 dari 193 kota besar di dunia. Sementara Jakarta Selatan hanya berbeda satu peringkat di ranking 137 dengan kecepatan internet 27,00 Mbps.

Buat yang penasaran, kira-kira kota mana sih yang menduduki peringkat pertama internet paling kencang di dunia? Yup, posisi tersebut berhasil disabet oleh Kota Shanghai, China. Berdasarkan data yang sama, kecepatan internet di sana berhasil menyentuh angka 158,63 Mbps.

Sementara urutan selanjutnya disusul oleh Copenhagen Denmark dengan 157,54 Mbps, lalu Oslo Norwegia 115,19 Mbps, Busan Korea Selatan 147,55 Mbps, dan Beijing China dengan 145,76 Mbps.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia)

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini