icon-category Auto

Berharap Suzuki Indonesia Lahirkan Lagi Grand Vitara

  • 30 Aug 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Segmen SUV kompak sedang menjadi tren gak hanya di global, tapi juga di Indonesia. Dan sudah seharusnya para pabrikan mengikuti tren tersebut dengan menghadirkan satu jagoannya.

Honda dengan HR-V, Hyundai dengan Creta, Kia dengan Sportage, Seltos juga Sonet, Toyota dengan Raize, Daihatsu dengan Rocky, dan masih banyak lagi sampai lupa kalau harus di absen satu-satu.

Nah, Suzuki Indonesia sebenarnya punya satu model terbaik untuk ikutan bermain di segmen SUV kompak, yakni pada sosok Grand Vitara terbaru yang di India sana sebentar lagi akan di luncurkan.

BACA JUGA: Suzuki Satria 120 R 'Disulap' Jadi Motor Listrik, Siapkan Uang Rp20 Juta

Bahkan, melansir Zeenews, meski belum di luncurkan resmi di India, pemesanan Grand Vitara ‘reborn’ ini sudah mencapai 40 ribu unit! Sadis ini.

Maruti Suzuki di India rencananya baru akan merilis Grand Vitara sekaligus mendistribusikannya pada September 2022 ini dan kalau Suzuki Indonesia gesit, Grand Vitara bisa menjadi senjata pamungkas akhir tahun.

Nama Grand Vitara sendiri bukan nama baru di Indonesia, mobil ini sempat jadi salah satu pilihan warga, meski makin kesini, pamornya makin meredup. 

Nah, gak ada salahnya dong kami berharap Suzuki Indonesia mau melahirkan lagi Grand Vitara dan menyodorkan pilihan SUV kompak—setidaknya jadi flagship baru Suzuki di Indonesia, biar ga melulu menghadirkan mobil murah ah.

Gran Vitara terbaru ini sendiri punya tampilan yang keren, gak terasa India-nya, dan sama sekali gak malu-maluin kalau bersanding dengan model-model buatan brand lain.

Urusan mesin juga mantep, ditawarkan dalam dua pilihan sama-sama berkapasitas 1.500cc dan keduanya sudah disokong teknologi hybrid.

Karena Grand Vitara di rancang dari hasil kolaborasi dengan Toyota, maka mesin pertama mengandalkan mesin Toyota TNGA Atkinson Cycle 1.500 cc Intelligent Electric Hybrid.

Mesin bakarnya bertenaga 92 dk dan torsi 122 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 79 dk dan torsi 141 Nm. 

Tenaga kombinasi mesin hybrid ini bisa mencapai 114 dk dan torsi 136 Nm dengan pilihan transmisi eCVT. Konsumsi bahan bakarnya di klaim 27,97 km perliter. Asiknya, tersedia 4 pilihan mode berkendara, EV, Eco, Power, dan Normal.

BACA JUGA: Daihatsu Luncurkan Mobil Baru 30 Agustus, Rocky Hybrid?

Satu lagi mesin K-series kepunyaan Suzuki. Berkode K-15 C Mild Hybrid, seperti yang digunakan pada Suzuki Ertiga Hybrid yang sudah lebih dulu meluncur di Indonesia.

Mesin ini bertenaga 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Dan punya klaim konsumsi bahan bakar 21,11 km perliter.

Dengan teknologi hybrid tersebut, bisa membantu Suzuki Indonesia memperkuat kampanye mereka soal mobil-mobil ramah lingkungannya melalui sosok sebuah SUV kompak.

VIDEO Jajal Handling Mitsubishi Xpander Cross:

Jadi gimana, ayo dong Suzuki Indonesia, “Tunjukan Nyalimu” untuk berani menjual mobil flagship!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini