home ×
Digilife

Berkat Google Perbesar Foto Tidak Lagi Buram

09 September 2021 By
Berkat Google Perbesar Foto Tidak Lagi Buram
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Google telah mengungkapkan pekerjaan mereka pada teknologi kecerdasan buatan (AI) fotografi yang akan memungkinkan pengguna untuk memperbesar foto atau gambar tanpa menjadi buram atau nge-blur.

Dengan teknologi tersebut foto akan terus terlihat bersih dan tajam, seperti teknologi yang digunakan dalam serial TV kriminal seperti Scene Investigations.

Mesin AI baru bekerja berdasarkan apa yang dikenal sebagai model difusi, dan melibatkan teknik yang dikenal sebagai sintesis gambar alami. Demikian yang dikutip dari Mashable, Kamis (9/9).

 

Baca juga: Semua Jenis File di Google Drive Bisa Diakses Tanpa Internet


Dalam teknik ini, detail ditambahkan ke gambar yang aslinya tidak diambil oleh kamera atau disisipkan oleh perangkat lunak apa pun yang digunakan untuk membuatnya.

Foto: Mashable


Detail tambahan ditambahkan menggunakan campuran perkiraan cerdas dan mendapatkan info dari gambar lain yang tampak serupa.

Tentu saja, ini berarti bahwa foto yang disempurnakan tidak akan menjadi persis seperti aslinya, tetapi Anda masih dapat mengharapkan gambar berpiksel atau buram diubah menjadi gambar yang dapat Anda nikmati dan gunakan tanpa mengkhawatirkan bagaimana orang lain melihatnya.

Baca juga: Akhirnya History Chat WhatsApp Bisa Pindah dari iOS ke Android

Berkenaan dengan alat yang digunakan untuk membuat keajaiban ini terjadi, Google mengatakan bahwa mereka saat ini menggunakan dua teknik.

Foto: Dok Google


Yang pertama adalah teknik model difusi yang disebut Super-Resolution via Repeated Refinement (atau SR3), dan pada dasarnya bekerja dengan menambahkan noise ekstra atau elemen tak terduga ke gambar, lalu membalikkan proses dan memperbaiki gambar, seperti cara kerja editor foto.

Kemudian dengan menggunakan matematika probabilitas dan melihat melalui perpustakaan besar gambar yang sudah ada sebelumnya, SR3 kemudian dapat memprediksi dengan lebih baik seperti apa tampilan gambar yang penuh dan jelas meskipun seberapa buram atau berpiksel aslinya.

VIDEO TIPS MENGGUNAKAN WHATSAPP:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id