icon-category Gadget

Berkat iPhone, Ponsel 5G Lebih Laris Dibanding Ponsel 4G

  • 19 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: iPhone SE (Dok. AB/Unsplash)

    Uzone.id - Sepertinya sebentar lagi kita benar-benar bakal say goodbye ke era 4G. Jaringan 5G makin hari makin mendominasi, tak terkecuali di sektor smartphone.

    Hal ini terlihat dari smartphone dengan dukungan 5G yang sedikit demi sedikit menggeser posisi smartphone 4G.

    Dari laporan Counterpoint Research, penjualan smartphone 5G mencapai 51 persen di bulan Januari ini, menyaingi penjualan smartphone 4G.

    Hasil penjualan terbesar disumbang oleh China, Amerika Utara dan Eropa Barat. Penjualan smartphone 5G di China mencapai 84 persen, lalu di Amerika Utara dan Eropa Barat masing-masing berhasil menjual 73 persen dan 76 persen.

    Baca juga: Diejek Desain ‘Basi’, iPhone SE 2022 Malah Laris Manis

    Lalu, smartphone 5G mana yang paling laku?

    Apple dengan perangkat 5G pertamanya iPhone 12 mendominasi pasar untuk penjualan smartphone 5G baru, menurut Counterpoint, dikutip dari Cnet, Sabtu (19/03/2022).

    Apple berhasil menjadi primadona ponsel 5G dengan sumbangsih 37 persen penjualan dari seluruh dunia di bulan Januari ini. Sedangkan Samsung hanya menyumbang sekitar 12 persen saja, karena Samsung kurang populer di China.

    Smartphone 5G makin hari makin mainstream di AS dan Eropa Barat, masyarakat akhirnya banyak mencari ponsel 5G yang punya harga murah.

    Baca juga: 5 Produk Baru di Apple Event, dari iPhone SE 2022 Sampai Mac Studio

    Apple baru-baru ini merilis smartphone murah 5G pertamanya, iPhone SE 2022 yang hanya dijual USD429. Terlepas dari desainnya yang jadul, iPhone SE 2022 ini malah laris manis di pasaran, hal ini sesuai dengan ramalan dari Counterpoint.

    Menurut Counterpoint, permintaan iPhone SE 5G bakal meroket naik di Eropa, Asia Tenggara dan Korea karena jaringan 5G di wilayah tersebut terus berkembang.

    Beralih ke Android dengan jaringan 5G, chipset dengan dukungan 5G dari Qualcomm dan MediaTek mendorong penjualan smartphone 5G dengan perangkat baru dari Xiaomi, OPPO dan Vivo.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini