home ×
Gadget

Berkat Qualcomm, Bakal Ada 3,5 Juta Smartphone 5G Rp2 Jutaan di 2021

04 September 2020 By
Berkat Qualcomm, Bakal Ada 3,5 Juta Smartphone 5G Rp2 Jutaan di 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Qualcomm berjanji untuk mengembangkan chip berbasis 5G yang murah dan bisa digunakan di semua smartphone. Mereka mengatakan kemungkinan chip dalam keluarga Snapdragon Seri 4 itu akan diperkenalkan ke pasar di awal 2021.

Menurut Qualcomm, dilansir melalui ArsTechnica, Jumat, 4 September 2020, tujuan utamanya adalah untuk membuka akses 5G bagi semua orang. Artinya, dengan chip tersebut, para vendor smartphone dimungkinkan untuk bisa membuat smartphone 5G dengan kisaran harga Rp2 jutaan.

Baca juga: Qualcomm Mau Bikin Teknologi untuk TWS

Bahkan jika hal itu terjadi, chip Snapdragon seri 4 terbaru bisa memunculkan sekitar 3,5 juta unit smartphone 5G baru di dunia pada tahun 2021 nanti. Saat ini, chip yang paling murah dari Qualcomm ada di seri 2. Namun ponsel dengan basis chip seri 2 itu berada di harga Rp1 jutaan.

5G di sini artinya adalah sub-6GHz 5G, yang paling murah dalam implementasinya dan paling cepat dibanding mmWave 5G. Diketahui, mmWave membutuhkan beberapa antena tambahan dalam ponsel karena penetrasi sinyalnya tidak bagus. Tangan bisa memblokir sinyal sehingga solusinya adalah menggunakan multiple antena yang ada di sisi lain. Nah, Sub 6GHz 5G memiliki karakteristik sinyal yang lebih bagus dan jangkauannya lebih luas.

Baca juga: Qualcomm Siapkan Prosesor Snapdragon 732G, Dukung Video 4K

Namun sayang, untuk saat ini teknologi 5G memang bukan hal yang harus diburu-buru, bahkan orang tidak harus membeli smartphone 5G sekarang. Jaringannya masih dalam proses impelemtasi. Bahkan utnuk Sub 6GHz, masih belum terbangun jaringannya secara merata.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aiya 04 September 2020 | 09:50:53

teknologi 5g belum terlalu diperlukan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article