home ×
Gadget

Mau Saingi AirPods, Qualcomm Bikin Teknologi Ini untuk Earphone TWS

04 September 2020 By
Mau Saingi AirPods, Qualcomm Bikin Teknologi Ini untuk Earphone TWS
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Qualcomm)

Uzone.id -- Ada langkah menarik dari Qualcomm di luar pengembangan chipset untuk ponsel pintar. Qualcomm mengumumkan sedang mengembangkan teknologi Adaptive Noise Cancellation (ANC) yang biasanya hadir pada perangkat earphones zaman sekarang.

Sesuai targetnya yakni earbuds true wireless stereo (TWS), Adaptive Noise Cancellation ini disebut oleh Qualcomm sebagai “teknologi baru yang dirancang untuk menyuguhkan pengalaman lebih tinggi untuk earbuds.”

Mengutip The Verge, ANC bikinan Qualcomm akan mampu menyesuaikan performa suara secara real-time berdasarkan kesesuaian earbuds di telinga pengguna. Jika kecocokannya atau tingkat pasnya berubah, teknologi ANC ini akan beradaptasi agar tetap memberikan kinerja yang konsisten.

Baca juga: Qualcomm Siapkan Prosesor Snapdragon 732G, Dukung Video 4K

Hal inilah yang mengingatkan orang-orang dengan teknologi yang digunakan oleh Apple melalui perangkat AirPods Pro, yakni teknologi ANC yang secara berkala menyesuaikan level dari peredaman bising 200 kali setiap detiknya.

Bahkan, fitur “adaptive EQ” pada AirPods Pro secara otomatis akan menyetel keluaran suara berdasarkan bentuk telinga pengguna.

Nah, tujuan Qualcomm melalui fitur Adaptive Noise Cancellation yang nantinya akan digunakan pada perangkat earphones TWS ini adalah untuk menyaingi Apple. Qualcomm juga mengklaim bahwa fitu ANC bikinannya juga akan menyesuaikan bentuk dan desain earbuds apapun.

Baca juga: Q1 2020 Pasar Wearables Tumbuh 29,7 Persen, Earphone TWS Jadi Primadona

Saat ini, masih banyak earbuds TWS yang menggunakan fitur ANC tradisional untuk meredam suara bising di sekitar.

Teknologi ANC dari Qualcomm ini juga rencananya tak hanya berfungsi saat mendengarkan musik dan panggilan suara (telepon) secara otomatis dengan menyesuaikan kondisi bising dari kondisi lingkungan sekitar si pengguna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
aiya 04 September 2020 | 09:52:28

tapi tetep lebih pw airpods

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article