icon-category Gadget

Besok Launching, Intip Spesifikasi Lengkap Asus ROG Phone 6

Uzone.id - Besok (5/7) Asus ROG Phone 6 bakal diperkenalkan secara resmi di pasar global. Ada tiga varian yang rencananya akan diperkenalkan dengan pilihan spesifikasi yang mungkin saja berbeda, seperti Asus ROG Phone 6, ROG Phone 6 Pro dan ROG Phone 6 Ultimate.

Sejauh ini, sudah banyak bocoran terkait desain, spesifikasi dan beberapa aksesori dari Asus ROG Phone 6 Series. Tim Uzone.id telah merangkumkannya untuk kalian, berikut informasi lengkapnya sebagai gambaran.

Desain bak pesawat tempur masa depan

TENAA beberapa waktu lalu mengungkap desain dari suksesor ROG Phone 5 tersebut. Bocoran ini disempurnakan oleh render 3D yang disebar 91Mobiles.

Asus ROG Phone 6 memiliki layar kedua di bodi belakang sebagai pengganti logo ROG dengan lampu RGB yang biasanya diletakkan pada bagian tengah bodi. 

Layar ini tak hanya menampilkan logo ROG dan gambar-gambar lainnya yang dipilih oleh pengguna melalui aplikasi khusus agar tampilan belakang ponsel terlihat berbeda.

Di sekitar layar kedua itu, Asus memberikan ornamen berbentuk garis-garis yang membuatnya terlihat seperti pesawat jet masa depan di film-film sci-fi. Ditambah, bingkai kameranya pun terlihat lebih besar dan menyimpan tiga kamera belakang dan satu LED flash.

Baca juga: Review Lengkap Poco F4 GT

Di bagian kanan, ada tombol volume dan power, serta dua air trigger di sisi atas dan bawah. Sementara di kiri, ada port USB-C tambahan serta slow kartu SIM. Di bawah, terlihat ada jack audio 3,5mm serta port USB-C lainnya.

Di bagian kanan, ada tombol volume dan power, serta dua air trigger di sisi atas dan bawah. Sementara di kiri, ada port USB-C tambahan serta slow kartu SIM. Di bawah, terlihat ada jack audio 3,5mm serta port USB-C lainnya.

Layar dengan refresh rate tinggi

Asus ROG Phone 6 diketahui bakal mengusung layar berjenis AMOLED terbaru dengan ukuran yang luas. Kabarnya sih, ukuran layarnya sekitar 6,78 inci dengan resolusi yang masih saja Full HD+.

Ada kemungkinan untuk model tertingginya memiliki panel layar yang lebih mantap, seperti resolusi mencapai QHD+. Adapun untuk fitur-fiturnya, layar smartphone ini sudah mendukung refresh rate 165Hz.

Belum diketahui apakah kecepatan refresh ini bersifat adaptif atau tidak. Namun frekuensi 165Hz sangatlah tinggi, ketika kebanyakan ponsel masih mengandalkan 120Hz atau 144Hz.

Spesifikasi gahar

Kalau ini sih sudah 90 persen benar. Snapdragon 8+ Gen 1 bakal menopang seluruh proses yang terjadi di Asus ROG Phone 6. Sudah sejak lama Asus ROG Phone Series menggunakan latest technology dari Qualcomm untuk memberikan kinerja top-tier kepada gamer hardcore.

Ketiga model ROG Phone 6 tetap menggunakan jenis prosesor yang sama. Perbedaan terletak pada kapasitas RAM dan memori penyimpanan dari masing-masing varian.

Untuk versi standar dan Pro, RAM yang disematkan di dalamnya mencapai 16 GB berjenis LPDDR5. Sementara mode Ultimate, dibekali dengan RAM hingga 18 GB.

Adapun memori penyimpanannya sampai 512 GB dengan jenis UFS 3.1 yang juga kencang. Untuk baterai, semuanya ditopang oleh baterai 6.000 mAh yang didukung fast charging 65W. 

Seluruh seri juga sudah berjalan di Android 12 berlapis ROG UI yang memiliki fitur gaming ultra lengkap, salah satunya adalah Armoury Crate.

Untuk menjamin performanya tetap stabil, Asus menyematkan sistem pendingin seperti VC cooling chamber, fitur khusus gaming yang membuat pengguna melakukan 'overclocking' juga, sampai fitur bypass charging.

Aksesori

Seperti seri sebelumnya, Asus juga menghadirkan ragam aksesori yang kian bagus dengan desain yang lebih fresh. Ada gamepad yang membuat perangkat ini seperti Nintendo Switch. 

Kontroler tersebut dapat dihubungkan melalui koneksi Bluetooth dengan proses pairing yang begitu cepat. Tak cuma untuk ROG Phone 6, ponsel lain pun bisa dipasangkan gamepad ini.

Baca juga: Review Asus VivoBook 13 Slate OLED

Asus juga menghadirkan protective case untuk seri ROG, berbeda dengan seri sebelumnya yang cuma memiliki casing stylish yang tak melindungi bodi keseluruhan.

Casing ini punya bahan yang terlihat tebal dan melindungi bingkai kamera dengan baik. Tentu saja, bagian tengahnya dibiarkan mengekspos bodi ROG Phone 6 yang terlihat berbeda.

Aksesori lainnya adalah AeroActive Cooler 6 sebagai sistem pendingin tambahan untuk menjaga performa ponsel agar tetap stabil dan terbebas dari overheat. Bentuknya berukuran besar dengan logo ROG bernuansa RGB serta layar kecil di bagian atasnya. 

Bocoran harga

Dari rumor yang beredar, smartphone ini akan diperkenalkan pertama kali di Taipei, Berlin dan New York. Menurut seorang leakster bernama Mukul Sharma, Asus ROG Phone 6 akan dipasarkan dengan harga mulai 799 Euro atau Rp12,4 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini