icon-category Digilife

Biar Gak Ketipu, Ini Cara Bedain Akun Bercentang Biru di Twitter

  • 16 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Souvik Banerjee rswebsols/Unsplash

    Uzone.id - Peraturan baru Elon Musk di Twitter soal centang biru memang bikin pusing pengguna. Bukannya bikin Twitter makin anti misinformasi, layanan beli centang biru di Twitter malah bikin pengguna kegocek akun-akun palsu.

    Salah satu yang sempat bikin bingung pengguna adalah ketika akun-akun parodi memiliki centang biru, yang mana pengguna makin susah membedakan mana yang asli dan palsu.

    Baca juga: Ikut Tren Meta dan Twitter, Amazon PHK 10 Ribu Karyawan

    Contoh akun palsu platform yang ada di Twitter adalah Twitch, akun parodi Twitch yang memiliki ava dan header sama dengan akun Twitch official.

    Foto: Akun palsu Twitch

    Biar gak tertipu, Twitter ternyata memberikan perbedaan mana ceklis biru hasil langganan Twitter Blue dan mana ceklis biru bawaan. Salah satu yang gampang dilihat adalah tulisan ‘Official’ atau ‘Resmi’ di bawah Display Name. 

    Foto: Akun resmi bercentang biru dan berlabel

    Selain itu, ada juga keterangan berbeda ketika kalian menekan ikon ceklis. Ada keterangan ‘This account is verified because it’s subscribed to Twitter Blue.’ untuk akun yang membeli centang biru lewat berlangganan di Twitter Blue.

    FYI, Elon Musk yang sebelumnya sudah memiliki centang biru ternyata memiliki keterangan kalau akunnya ternyata hasil berlangganan dari Twitter Blue.

    Baca juga: Ribuan Karyawan Kontrak Twitter Dipecat Elon Musk

    Lalu ada keterangan “This account is verified because it’s notable in government, news, entertainment, or another designated category’ untuk akun yang memang merupakan akun pemerintahan, berita, hiburan, media, kreator, publik figur dan akun resmi lainnya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini