home ×
Gadget

Biasa Produksi Ponsel dan Tablet, Ini Alasan Advan Siap Pasok Laptop Pelajar

05 August 2021 By
Biasa Produksi Ponsel dan Tablet, Ini Alasan Advan Siap Pasok Laptop Pelajar
Share
Share
Share
Share

Foto: XPS/Unsplash

Uzone.id -- Brand Advan memang identik dengan merek asal Indonesia. Biasanya perangkat yang memiliki brand Advan ini tak jauh-jauh dari ponsel pintar atau tablet harga merakyat.

Nama Advan kini kembali melambung lantaran masuk ke jajaran vendor produk TIK yang siap memasok laptop lokal untuk proyek laptop pelajar yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Laptop pelajar ini memiliki tujuan untuk mendorong digitalisasi sekolah di seluruh penjuru Indonesia dengan mendukung lebih banyak produksi perangkat TIK buatan lokal seperti laptop agar tidak kalah dengan produk impor.

Menariknya, Advan ini dikenal sebagai produsen ponsel dan tablet asal Tanah Air. Bagaimana proses perusahaan memenuhi pesanan laptop lokal untuk para pelajar negeri ini?

Baca juga: Ini Spesifikasi Chromebook Advan dan Axioo untuk Laptop Pelajar

“Kami bisa mendapatkan proyek pemerintah ini karena Advan telah memenuhi syarat ketentuan TKDN [Tingkat Kandungan Dalam Negeri] dari pemerintah,” tutur CEO PT Bangga Teknologi Indonesia, Chandra Tansri saat dihubungi Uzone.id, Rabu (4/8).

Chandra pun kemudian menjelaskan mengenai kesiapan perusahaan dalam membuat laptop, di tengah banyak anggapan kalau Advan pada umumnya lebih dikenal sebagai pembuat ponsel dan tablet.

“Bisnis Advan yang dulu sempat membuat All In One PC [AIO PC] dan laptop. Karena itu, kami telah memiliki pengalaman sebelumnya, ditambah pengalaman Advan di bisnis elektronik lebih dari 20 tahun,” lanjut Chandra.

Dengan kata lain, Advan akan memanfaatkan bekal pengalaman lebih dari dua dekadenya itu untuk memenuhi permintaan pemerintah terhadap pasokan laptop pelajar.

Chandra juga mengatakan, sejauh ini pemerintah telah memesan 20 ribu unit laptop Advan dengan spesifikasi sesuai aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah sendiri.

Baca juga: Daftar Chromebook Acer yang Siap Pasok Laptop Pelajar, Berapa Harganya?

“20 ribu unit itu per bulan, sementara sampai akhir tahun 2021 itu maksimal 70 ribu unit untuk produksi. Semua produk dirakit di Indonesia, di pabrik Advan yang lokasinya di Semarang, Jawa Tengah,” kata Chandra.

Sejauh ini yang ditunjukan kepada masyarakat, perangkat Advan yang siap menjadi laptop pelajar adalah tipe chromebook. Meski begitu, Chandra mengaku tetap terbuka jika ada kolaborasi dengan brand teknologi lain seperti Microsoft.

“Tentunya ada karena perangkat laptop tidak terlepas dari OS. yang jelas, proyek ini memberikan peluang baru sekaligus menumbuhkan industri dalam negeri. Dengan dukungan penuh dari pemerintah, kami yakin buatan lokal akan tumbuh seiring dengan perkembangan dan permintaan terhadap kebutuhan produk laptop,” tutupnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah mengatakan ada enam brand teknologi yang akan memasok laptop pelajar ini sampai 2024. Mereka adalah Advan, Axioo, Zyrex, Evercoss, SPC, dan TSM.

Beberapa di antaranya seperti Axioo dan Zyrex sudah terbuka mengenai pesanan laptop dari pemerintah untuk para pelajar ini dan mengaku telah mulai produksi di pabrik masing-masing.

VIDEO: Fitur Baru Telegram, Video Call Muat Sampai Seribu Orang!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id