home ×
Gadget

Biaya Produksi iPhone Ternyata Hanya Sekitar Rp3 jutaan, iPhone 11 Paling Mahal

27 July 2020 By
Biaya Produksi iPhone Ternyata Hanya Sekitar Rp3 jutaan, iPhone 11 Paling Mahal
Share
Share
Share

 

Uzone.id - iPhone memang dikenal sebagai produk smartphone yang mahal. Harganya saat ini, untuk iPhone terbaru, bisa sampai Rp20 jutaan, bergantung pada spesifikasi yang diusung. Padahal, menurut beberapa laman teknologi, harga produksi iPhone tidak sampai Rp5 juta.

daniel-romero-wMTBGjh314M-unsplash

Dilansir melalui Alphr.com, Senin, 27 Juli 2020, memang tidak ada standard pasti untuk produksi iPhone. Dalam satu tahun, mereka bisa mengorbankan komponen yang berbeda dengan tahun yang lain untuk bisa menghadirkan performa atau kinerja yang lebih baik.

Baca juga: iPhone Baru Akan Punya Periscope di Tahun 2022

Contohnya seperti iPhone yang awalnya mengusung display OLED. Display di iPhone 11 kemudian diturunkan menjadi hanya LED sebagai kompensasi atas rendahnya penjualan iPhone model sebelumnya. Untuk prosesor, resistor, transistor, boards dan struktur bodi, harganya bisa dicari dengan mudah. iPhone diketahui memiliki gaya dan fungsionalitas yang kadang berbeda setiap modelnya.

Untuk memproduksi iPhone 5s, dulu kocek yang dikeluarkan oleh Apple mencapai USD198.70 atau setara Rp2,8 jutaan (kurs saat ini). Lalu di lansir Time, Apple diberitakan mengeluarkan biaya produksi sebesar USD200.10 untuk memproduksi satu unit iPhone 6. Sedangkan iPhone 6s membutuhkan biaya produksi USD211.50, menurut estimasi IHS Technology. Terakhir, iPhone 6s Plus diproduksi dengan biaya USD236.

Baca juga: Baterai iPhone 12 Cuma 2.000 mAh?

Untuk Apple iPhone 11 Pro Max, harga jualnya mencapai USD1249 atau sekira Rp18 jutaan. Padahal ongkos produksi Pro Max hanya USD490.50 atau Rp7 jutaan. Harga ini estimasi dari TechInsight yang melakukan teardown perangkat Pro Max bersama dengan NBC News.

iphone11-iphonexr-3

Menurut hasil pemretelan perangkat tersebut, komponen termurah adalah layar LED yang hanya seharga USD66.50. Sedangkan tiga kamera dihargai USD73.50. Yang menarik, baterai dihargai hanya USD10.50. Sedangkan memori, modem dan prosesor total seharga USD159. Sedangkan total semua komponen sisanya ditambah biaya perakitan, mencapai USD181. Kabarnya, harga komponen paling mahal ada di display dan memori. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 27 July 2020 | 16:23:51

biaya produksi iphone ternyata hanya sekitar

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article