icon-category Startup

Blibli Mau IPO, Incar Dana Segar Rp8,17 Triliun

  • 17 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Blibli (dok. BCA)

Uzone.id - Satu lagi startup e-commerce yang akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Blibli (PT Global Digital Niaga Tbk) berencana melakukan IPO pada November mendatang dengan kode BELi.

Dalam penawaran umum saham (Initial Public Offering/IPO), Blibli dengan kode BELi menawarkan 17,77 miliar saham, dimana 15 persen dari modal ditempatkan dan disetor pasca IPO.

Blibli memasang harga penawaran umum Rp410 - Rp460 per sahamnya. Dengan nilai tersebut, e-commerce ini mengincar dana sebesar Rp8,17 triliun. Rencananya, Blibli melakukan penjajakan masa penawaran awal selama satu minggu dari Senin (17/10) hingga Senin depan (24/10).

Setelah itu, tahap selanjutnya merupakan masa penawaran umum di tanggal 1 hingga 3 November 2022. Lalu dari 3 November 2022, akan dilakukan masa penjatahan dan pada tanggal 4 November 2022 dilakukan distribusi saham secara elektronik.

Baca juga: LinkAja Jadi Satu-satunya E-Wallet QRIS yang Hadir di ISEF 2022

Dan di tahap terakhir, Blibli akan mulai mencatat saham secara efektif di BEI pada 7 November 2022.

Dari keseluruhan dana yang dibidik Blibli, sebanyak Rp5,5 Triliun akan dipakai untuk pembayaran seluruh saldo utang fasilitas perbankan yang terdiri dari utang Rp2,75 triliun ke bank BCA dan Rp2,75 triliun kepada bank BTPN. 

Sisanya, sekitar Rp3 triliun akan dipakai untuk modal kerja untuk mendukung kegiatan usaha utama dan pengembangan usaha perseroan.

Dalam IPO ini, Blibli menunjuk BCA Sekuritas dan BRI Danareksa Sekuritas sebagai penjami pelaksana emisi efek.

Cara membeli saham Blibli

Bagi kalian yang hendak membeli saham Blibli, kalian bisa langsung meluncur ke website resmi mereka https://e-ipo.co.id

Selanjutnya, klik registrasi dan masukkan alamat email. Lalu, isi tipe investor (individu atau institusi). Kemudian isi data kalian sebagai investor. Selanjutnya, autentikasi melalui e-mail yang telah didaftarkan agar aman.

Baca juga: Bos GoTo Blak-blakan Alasan IPO di Tengah Pandemi

Masukkan kode OTP yang sudah diberikan, dan masukkan password akun. Investor kemudian akan diarahkan untuk menekan +Broker 8, dan pilih broker yang dituju. 

Selanjutnya, pilih registrasi Single Investor Identification (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) untuk yang sudah memiliki keduanya. Jika belum punya SID/SRE, kalian bisa buka rekening di luar sistem oleh broker yang dituju.

Untuk memesan saham Blibli, pilih saham IPO, klik More Info dan tekan Place Order. Terakhir, investor diminta untuk mengisi formulir pemesanan dan klik ‘Kirim’ dan masukan kode OTP.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini