icon-category Auto

Blibli Mulai Gunakan Motor Listrik untuk Armada Kurirnya

Uzone.id - Blibli menggandeng Smoot Motor Indonesia untuk menyediakan motor listrik ramah lingkungan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan, tak terkecuali sebagai moda transportasi bagi kurir Blibli.

Menurut Lisa Widodo selaku COO dan Co-Founder Blibli, kolaborasi dengan Smoot dilakukan untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29% pada 2030 agar sesuai Paris COP 21.

Hal tersebut bisa dicapai salah satunya melalui Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle) untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dan 31 persen di 2030, serta mendorong industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor sesuai dengan tren global.

Lebih lanjut, Lisa menyebut kalau Blibli telah menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan. 

Baca juga: GIIAS 2022 Fokus di Kendaraan Listrik, Hadirkan Test Track Indoor

Selain penggunaan motor listrik atau e-bike untuk kurir dan kebutuhan operasional, Blibli pun telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan. Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami,” jelasnya.

Buat kalian yang belum tahu, Smoot Motor Indonesia merupakan perusahaan yang menjual motor listrik dengan sistem tukar baterai atau swap. 

Baca juga: Blibli Bebenah Warehouse dan Logistik di Ulang Tahun ke-11

Penggunanya tak perlu lagi mengisi daya baterai motor listrik mereka, cukup tukar ke baterai yang penuh di 400 Swap Poin terdekat yang tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, Shell, dan Circle-K untuk area Jabodetabek serta Bali.

Produk motor listrik dari Smoot Motor Indonesia dinamai Tempur. Smoot Tempur dilengkapi dengan baterai berkapasitas 64V/22.5Ah yang punya jarak tempuh 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/h.

Motor dengan bobot 68 kg ini dijual dengan harga Rp16,5 juta yang sudah termasuk dengan garansi baterai seumur hidup dan garansi sparepart selama 2 tahun. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini