icon-category Auto

‘Blusukan’ ke Pabrik Yamaha di Karawang, Standarnya Sudah Global!

  • 06 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone - Kali ini giliran Yamaha yang memamerkan fasilitas produksi mereka, tetapi bukan yang di Pulogadung melainkan Karawang, Jawa Barat. Pada fasilitas produksi Yamaha di Karawang, memiliki standar yang sudah global.

Pada kunjungan pabrik yang kedua kalinya ini, Yamaha ingin menunjukkan bagaimana proses sepeda motor mereka dibuat dengan teknologi modern berstandar global. Bahkan beberapa produk motor Yamaha buatan Karawang diekspor lebih dari 40 negara.

Dyonisius Beti selaku President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan selain fasilitas produksi, Yamaha Karawang juga memiliki Global training Center (GTC).

"Fasilitas ini fungsinya untuk karyawan yang baru bekerja, itu akan dilatih di sini. Bagaimana assembling yang baik, bagaimana proses produksi yang baik, pelatihan ini dilakukan selama satu bulan penuh," jelas Dyon sapaan akrabnya di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/10).

alt-img

Kemudian proses produksi di Yamaha Karawang dimulai dari bagian Welding Line yang merupakan proses pembuatan frame alias rangka. Rangka yang dibuat Yamaha dimulai dari bahan pipa dengan ketebalan 2,3 mm yang dibentuk sesuai kebutuhan.

Kemudian rangka tersebut melalui teknik pengelasan yang sudah memanfaatkan teknologi robotik secara otomatis.

Setelah pengelasan, proses selanjutnya bergerak ke area Engine Assy alias tempat perakitan motor. Kemudian berlanjut ke Body Assy yang merupakan tempat perakitan final sepeda motor hingga selesai dibuat.

Semua proses tersebut, dipantau oleh teknisi yang handal di ruangan QE Show Room untuk pengecekan terakhir terhadap kualitas mutu motor Yamaha sebelum dikirim ke dealer.

Seluruh proses produksi tersebut membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk membuat satu motor. Namun besarnya lini produksi, membuat Yamaha mampu memproduksi sebesar 7.000 unit dalam satu hari.

Sebagai tambahn informasi, YIMM Global Factory di Karawang, Jawa Barat, merupakan pabrik ke-2 Yamaha yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC. Pabrik ini memiliki teknologi yang lebih modern dan lebih besar dari pabrik di Pulogadung, Jakarta.

Pabrik YIMM Global Factory Karawang, Jawa Barat, difokuskan untuk produksi motor matic berkubikasi 155 cc ke bawah seperti Maxi Series, Classy Series, dan skutik Generasi 125. Di sisi lain, terdapat motor bekapasitas besar yang juga diproduksi di Karawang seperti MT-07 yang dibuat untuk pasar Eropa dan kendaraan roda 4 Wolverine yang diperuntukkan untuk pasar Ekspor.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini