Auto

BMW M5 Competition Hadir di Indonesia, Harga Nyaris Rp5 Miliar

  • 17 September 2021
  • Bagikan :

    BMW 5 Competition (Foto: BMW Group)

    Uzone.id - BMW Indonesia telah meluncurkan sports car mewah terbaru, BMW M5 Competition melalui virtual, pada Jumat (17/9/2021).

    Sports car empat-pintu dari BMW M GmbH ini memiliki mesin paling kuat dalam sejarah model BMW M5 sejak pertama kali diperkenalkan 36 tahun yang lalu.

    BMW M5 Competition terbaru dilengkapi dengan desain teranyar yang semakin tajam dan fitur mutakhir. 

    BACA JUGA: Honda Indonesia Siap Luncurkan Mobil Baru Pertama di Dunia, N7X?

    BMW M5 Competition dipersenjatai mesin V8 yang mengeluarkan tenaga hingga 625hp dan torsi hingga 750Nm, suspensi dari BMW M8 Gran Coupé, penyegaran pada desain yang terintegrasi dengan teknologi driving assistance terbaru, hingga sistem operasi iDrive 7.0 yang semakin intuitif, dan menawarkan konektivitas yang seamless dengan wireless Apple CarPlay.

    "Kami yakin sports car mewah ini akan terus mempertahankan posisi BMW M sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah performa tinggi di Indonesia,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia.

    BMW 5 Competition (Foto: BMW Group)

     

    Desain Eksterior

    Seperti pada jajaran BMW Seri 5 terbaru, M-specific kidney grille BMW yang diperbarui turun lebih jauh ke apron depan dan menjadi satu bagian desain yang membingkai kedua grill kanan dan kiri. 

    Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan berikan saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dan dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC).

    Garis lampu depan kini berbentuk L dan mengarah ke satu tujuan yaitu kidney grille BMW, menambah tampilan dinamis pada desain baru BMW M5 Competition terbaru. Opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight membuatnya semakin sporty.

    Kap aluminium, fender dengan BMW M gills yang khas, spion BMW M yang ramping, dan atap yang terbuat dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) bergabung dengan desain BMW M-specific kidney grille BMW terbaru sebagai fitur desain khas dari model performa di lini BMW Seri 5.

    Di bagian belakang, bahan yang lebih tipis dari BMW M-specific twin tailpipes menciptakan rasa presisi yang lebih baik.

    Apron belakang berotot dengan diffuser besar juga hadir dengan beragam upgrade, seperti halnya lampu belakang LED tiga dimensi, dengan grafis cahayanya yang semakin kuat, memberikan sajian segar pada bentuk BMW L yang sudah dikenal.

    BACA JUGA: Oli Transmisi Bocor, Suzuki Recall Jimny di Indonesia

    Black details dan warna baru

    BMW M5 Competition terbaru juga hadir dengan detail styling hitam. BMW M-specific kidney grille, M gills yang khas, tutup kaca spion luar dan spoiler belakang semuanya memiliki lapisan High-gloss Black. 

    Badge BMW M5 Competition berwarna Hitam menghiasi BMW M-specific kidney grille, BMW M gills dan bagasi, sedangkan M5 Competition door sills dapat menyala dengan sangat terang. Kelengkapan ini ditutup dengan BMW M Sport exhaust system dalam warna Black Chrome.

    Pelanggan the new BMW M5 Competition dapat memilih dari dua cat baru: Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic, di luar pilihan standart; Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic. 

    Opsi velg kini juga mencakup desain yang baru yaitu 20" M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, burnished with mixed tyres.

    Konsep pengoperasian dengan mode BMW M

    Pengenalan konsep operasi baru dan tampilan central console yang lebih besar dengan penampang 12,3 inci membuat kabin BMW M5 Competition lebih berfokus pada pengemudi dari sebelumnya.

    Hal ini semakin memudahkan pengemudi untuk mengawasi dengan jelas berbagai fungsi yang terkait dengan sistem dinamika berkendara dan penggerak BMW M xDrive.

    Dua tombol baru di konsol tengah – seperti yang ditemukan di BMW M8 – memberikan akses lebih langsung ke pengaturan sistem dan berbagai pembacaan di kluster instrumen dan Head-Up Display.

    Dengan menekan tombol M Mode, pengemudi dapat beralih dengan cepat antara pengaturan ROAD dan SPORT. Dalam pengaturan ROAD default, semua sistem bantuan pengemudi standar dan opsional diaktifkan sepenuhnya.

    Mode SPORT juga mengalihkan kluster instrumen dan Head-Up Display ke moda BMW M-specific.

    Moda TEACK

    BMW M5 Competition terbaru terdapat tombol M Mode dan mengonfirmasi prompt di layar tengah akan mengaktifkan moda TRACK.

    Moda ini dirancang khusus untuk digunakan di sirkuit balap dan menonaktifkan semua fungsi kenyamanan dan keselamatan sistem bantuan pengemudi.

    Untuk lebih memfokuskan perhatian pengemudi pada jalan di depan, sistem audio juga dimatikan dan tampilan pusat dimatikan. Hasilnya adalah BMW M feeling yang sangat khas.

    Aktivasi ini juga sangat membatasi restriksi sistem bantuan pengemudi, seperti lampu peringatan bahaya sebagai respons terhadap pengereman darurat ditekan dan sistem peringatan tabrakan juga dinonaktifkan.

    Menekan tombol Mode M sekali lagi akan keluar dari mode TRACK dan kembali ke pengaturan ROAD.

    Tenaga luar biasa dari mesin V8

    BMW 5 Competition (Foto: BMW Group)

     

    Unit mesin V8 di bawah kap BMW M5 Competition terbaru menghasilkan output maksimum 625 hp pada 6.000 rpm. 

    Torsi puncak mesin ini sebesar 750 Nm (553 lb-ft) datang sejak RPM yang sangat rendah di 1.800 rpm dan dipertahankan pada level yang lebih tinggi ini hingga 5.860 rpm di BMW M5 Competition terbaru. 

    Karakteristik mesin dapat diubah dengan satu sentuhan tombol dari mode dasar EFFICIENT ke SPORT dan SPORT+, sehingga menghasilkan respons yang lebih sensitif terhadap gerakan akselerator.

    BMW M5 Competition terbaru sprint dari 0 – 100 km/jam dalam 3,4 detik, menempatkannya secara pasti ke dalam kategori super-sports cars.

    Dan, hanya membutuhkan 10,8 detik untuk mencapai 200 km/jam dari keadaan diam. Kecepatan tertinggi BMW M5 Competition terbaru adalah 250 km/jam. Suara mesin yang lebih berkarakter juga dapat dihadirkan dengan menekan tombol M Sound Control.

    Transmisi BMW M Steptronic 8-percepatan yang dipasang sebagai standar memungkinkan waktu perpindahan gigi yang sangat singkat dan respons yang cepat dan tepat untuk setiap dorongan pedal gas.

    Tombol Drivelogic pada pemilih gigi memungkinkan tiga mode dipilih untuk pengendaraan trek yang efisien, sporty, atau dinamis – yang terakhir melibatkan perpindahan gigi yang sangat cepat. Pengemudi dapat menggunakan tuas pemilih dan paddle shift pada lingkar kemudi untuk melakukan perpindahan gigi secara manual.

    BMW M Carbon ceramic brakes

    BMW M5 Competition terbaru dilengkapi dengan BMW M Carbon ceramic brakes yang dapat dikenali dari kalipernya yang berwarna emas dengan logo BMW M - kaliper enam piston di depan (fixed), kaliper satu piston di belakang (floating).

    Fitur ini menahan keausan dengan lebih baik, lebih ringan 23 kilogram, memberikan kinerja pengereman dan stabilitas termal yang lebih baik, dan ketahanan yang lebih baik saat digunakan di sirkuit.

    Harga BMW M5 Competition

    BMW M5 Competition dijual dalam jumlah terbatas di Indonesia. Mobil ini dijual oleh Diler Resmi BMW M mulai 17 September 2021 dengan harga Rp4.789.000.000,- (off-the-road). 

    Kendaraan ini termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

     

    Tags : bmw bmw m5 Sport Car