icon-category Auto

BMW Rilis Superbike M1000RR dan M1000RR M Competition

  • 14 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW M1000RR M Competition (Foto: Paultan)

    Uzone.id - BMW Motorrad meluncurkan superbike terbaru secara global, yakni M1000RR dan M1000RR M Competition. Embel-embel huruf 'M' di belakang itu punya arti kalau motor tersebut untuk homologasi balap.

    BMW Motorrad merilis produk ini tentu saja ingin jadi yang terdepan ketika turun di World Superbike Championship (WSBK).

    Lalu, apa hebatnya pada M1000RR dan M1000RR M Competition?

    Aerodinamika M1000RR sudah ditingkatkan dengan memberikan downforce yang lebih baik, bahkan saat rebahan di tikungan.

    BACA JUGA: Vespa GTS 300 Terbaru Bisa Didaur Ulang, Fiturnya Makin Canggih

    Kecepatan pun jadi meningkat, dari 306 km/jam menjadi 314 km/jam saat diuji di lintasan sirkuit.

    Untuk performa pada versi M Competition terdapat winglet M yang baru, cover roda depan dengan kanal rem terintegrasi dan M Aero Wheel Covers (cuma tersedia pada versi M1000RR M Competition).

    Selanjutnya, untuk windscreen dibuat lebih tinggi untuk melindungi tubuh pengendara dari terpaan angin saat kecepatan tinggi, seperti dilansir Uzone.id dari Paultan.

    Pada fairingnya terbuat dari serat karbon yang ringan namun sangat rigid (kaku).

    M1000RR ini membawa mesin yang sama dengan S1000R yang dimodifikasi untuk masuk ke spesifikasi balap.

    Ruang mesinnya terdapat 4 silinder segaris yang bisa menghasilkan tenaga 212 hp dan torsi 113 Nm pada 11.000 rpm.

    Di bagian knalpot pakai header titanium. Perlengkapan elektronik M1000RR terdapat tujuh mode berkendara: Rain, Road, Dynamic, Race and Race Pro mode 1 hingga 3 yang bisa disesuaikan. Ada juga Dynamic Traction Control (DTC) dan kontrol wheelie.

    BACA JUGA: Kembaran Honda Supra 125 ‘Idaman Bapak’ Makin Trendy!

    Untuk mode Race Pro membuat throttle bisa menyesuaikan respons tarikan gas dan engine brake.

    Untuk versi M Competition akan mendapat Laptrigger GPS M, paket suku cadang M, paket M Carbon dan lengan ayun lebih ringan 220 gram, M Endurance DLC, penutup jok penumpang, cruise control, peangan setang berpemanas, soket pengisian daya USB hingga lampu LED.

    Pilihan warna tersedia Lightwhite non-metallic untuk M1000RR, sedangkan M1000RR M Competition cuma tersedia Blackstorm metallic.

    "Kami telah mencapai mahakarya teknik dalam pengembangan aerodinamis M RR karena ambisi kami yang tak tergoyahkan, semangat total, dan kemahiran teknis. Berkat berjam-jam di terowongan angin serta dalam tes jalan, kami mampu meningkatkan kecepatan tertinggi dengan output mesin yang tidak berubah dan pada saat yang sama secara signifikan meningkatkan downforce, juga saat berbelok di tikungan. Pekerjaan pengembangan kami akan dihargai dengan kesuksesan balap." Christian Gonschor, Manajemen Proyek M 1000 RR, dilansir dari situs resmi BMW Group.

    Berikut sorotan baru BMW M1000RR dan M1000RR M Competition:

    • M1000RR 4-silinder dikembangkan untuk keperluan balap.Menghasilkan tenaga 156 kW (212 hp) pada 14.500 rpm dan torsi 113 Nm pada 11.000 rpm.

    • Piston tempa 2-cincin

    • Port intake mesin CNC dan teknologi BMW ShiftCam

    • Katup titanium, camshaft yang dioptimalkan dan pengikut cam yang sempit dan ringan.

    • Sistem intake yang dioptimalkan dengan corong intake yang lebih pendek dibandingkan dengan S 1000 RR untuk pertukaran muatan yang dioptimalkan pada kecepatan mesin yang tinggi.

    • Sistem pembuangan ringan dengan manifold titanium, peredam depan dan peredam belakang.

    • Mode berkendara "Rain", "Road", "Dynamic", "Race" dan "Race Pro1-3" serta generasi terbaru dari Dynamic Traction Control DTC dan fungsi wheelie DTC dengan kotak sensor 6 sumbu.

    • Tersedia dua karakteristik throttle yang dapat disesuaikan sekarang untuk respons optimal. "Engine Brake" dengan tiga penyesuaian torsi engine drag dalam mode "Race Pro".

    • Shift Assistant Pro untuk perpindahan gigi ke atas dan ke bawah yang cepat tanpa menggunakan kopling. Skema perpindahan dapat dengan mudah dibalik untuk penggunaan trek balap.

    • Launch Control untuk start balapan yang sempurna dan Pit Lane Limiter untuk menjaga kecepatan yang diberikan tepat di pit lane.

    • Hill Start Control Pro untuk memulai dengan nyaman di tanjakan.

    • Rem M: Performa pengereman maksimal di trek balap.

    • Instrumen cluster dengan layar TFT 6,5 inci yang besar dan mudah dibaca, animasi start-up dengan logo M dan antarmuka OBD untuk M GPS Datalogger dan M GPS Laptrigger.

    • Baterai M yang ringan, soket pengisi daya USB belakang, unit lampu LED yang kuat, cruise control elektronik, dan pegangan berpemanas.

    • Paket M Competition dengan M GPS Laptrigger dan kode aktivasi, paket M milled parts, paket M Carbon, lengan ayun anodisa alami 220 g lebih ringan dari varian dasar atau S 1000 RR, rantai M Endurance berlapis DLC dan paket pembonceng termasuk penutup punuk.

    • Beragam aksesori opsional dan peralatan khusus bekas kerja.

    Hal baru pada BMW M1000RR dan M1000RR M Competition:

    • Aerodinamis ditingkatkan dengan lebih banyak downforce, bahkan pada sudut miring, sementara pada saat yang sama meningkatkan kecepatan tertinggi dari 306 menjadi 314 km/jam.

    • Fairing baru dalam serat karbon tampak dengan pembawa depan fairing baru yang terbuat dari serat karbon dan Winglet M serat karbon tampak baru.

    • Mudguard depan serat karbon baru yang terlihat dengan saluran rem terintegrasi.

    • Penutup Roda M Aero terbuat dari serat karbon transparan.

    • Bagian belakang hasil rancangan baru

    • Dudukan plat nomor lebih pendek

    VIDEO Test Drive KIA Carens 1.500cc:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini