icon-category Auto

BMW X1 Resmi Diluncurkan Seharga Rp800 Jutaan, Kini Rakitan Sunter

  • 28 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Lagi ramai-ramainya segmen SUV ringkas membuat BMW ingin ikutan terjun. Dan inilah SUV ringkas Eropa yang kini sudah dirakit di pabrik BMW di Sunter, Jakarta Utara.

BMW X1 juga merupakan SUV terlaris BMW yang kini sudah memasuki generasi ketiga. Di seluruh dunia, BMW sudah menjual lebih dari 2,7 juta unit BMW X1 dari tahun 2009 sampai 2022 lalu.

"X1 merupakan produk yang menjadi pondasi kami di Indonesia, secara year on year terus meningkatkan pasar kami di sini," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam keterangan resminya.

Seperti halnya model-model BMW lain, ubahan paling kentara pada X1 generasi terbaru ini adalah grill khas Kidney Grille yang kini didesain dengan sedikit mengotak. Tidak terlalu besar, sehingga terlihat lebih porposional pada keseluruhan wajahnya.

alt-img

Identik dengan dimensinya yang ringkas, BMW X1 kini punya dimensi yang lebih besar dari versi sebelumnya. Namun bobotnya tidak bertambah.

Kontribusi menurunnya bobot di antaranya diperoleh dari kap mesin lebih ringan 10 kg. Lalu pintu lebih enteng 2,5 kg plus sumbangan efisiensi bobot dari mesin dan sasis.

Secara dimensi mobil ini bertambah besar sekarang wheelbase menjadi 2.682 mm (+22 mm), panjang 4.500 mm (+53 mm), lebar 1.845 mm (+24 mm), dan tinggi 1.642 mm (+44 mm).

BMW X1 mengusung spesifikasi mesin bensin berkapasitas 1.500cc 3 silinder turbo yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 156 hp dan torsinya 230 Nm.

Walaupun X1 merupakan SUV entry-level, BMW menggunakan beberapa fitur keamanan aktif di antaranya trailer assist, parking assist and reversing assist.

Hanya ada satu varian diluncurkan yakni BMW X1 SDrive X Line yang dijual Rp 877 juta off the road atau sekitar Rp 970 juta on the road.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini