Bobot Kawasaki KLX230S & KLX230SM Jadi Ringan Tapi Tanpa Pendingin Cairan
Uzone.id - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah meluncurkan motor trail KLX230S dengan beberapa upgrade pada fitur-fiturnya. Tak hanya itu, Kawasaki juga merilis versi supermoto KLX230SM dalam sebuah seremoni di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Kamis (9/6/2022).
Untuk KLX230S sendiri dibuat penampilannya lebih agresif. Motor ini memang dikenal punya durabilitas yang bagus.Di sektor mesin masih menggunakan yang sama dengan generasi sebelumnya, yakni mesin silinder tunggal berkapasitas 233cc dua katup. Kendati demikian, Kawasaki membawa beberapa upgrade pada seri yang baru, yaitu tenaga yang lebih stabil, rugged chassis, high-performance capability, dan tampilan khas low-down 830mm.
Baca juga: Toyota Punya Mirai, Kapan Suzuki Bikin Mobil Hidrogen?
Tidak Pakai Pendingin
Duo motor trail Kawasai KLX230S dan KLX230SM ditenagai oleh mesin bertransmisi 6 percepatan yang menghasilkan tenaga 18,7 HP serta torsi maksimum 19,8 Nm. Akan tetapi, kedua motor ini tidak dibekali pendingin cairan pada mesinnya.
Dijelaskan Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI, ketiadaan pendingin cairan karena Kawasaki ingin motor terbarunya memiliki bobot yang ringan dan mudah dikendarai di jalanan off-road.
"Kita untuk segmen offroad ini untuk mengejar keringanan supaya bobotnya ringan, mudah dikendarai di jalanan-jalanan offroad atau rusak," kata Michael kepada Uzone.id.
Harga Kawasaki KLX230S dan KLX230SM
Kedua motor ini menggunakan konfigurasi suspensi yang berbeda. Kawasaki KLX230S menggunakan travel suspensi depan 220mm dan belakang 223mm, sehingga mampu menerjang jalanan bergelombang.
Selain itu, ground clearance-nya juga dirancang lebih tinggi, dengan jarak mencapai 210mm dari permukaan tanah. Hal itu bertujuan untuk menghindari motor dari benturan dengan bebatuan.
Baca juga: Daihatsu Ceria 2003 Dipersembahkan Pria Ini untuk Nostalgia Bareng Istri
Sementara Kawasaki KLX230SM dibekali suspensi depan jenis teleskopik dan model unitrak di belakang. Suspensi depannya 204mm dan belakang 168mm. Suspensinya juga diatur berorientasi aspal jalanan sehingga mencakup pegas yang lebih kaku dan travel yang lebih sedikit dibandingkan suspensi long-travel KLX230S
Motor ini mengusung diameter roda depan dan belakangnya berukuran 17 inci, lengkap dengan sistem pengereman model cakram petal. Velg depan 3 inci dan belakang 3,5 inci menandakan velg motor ini berukuran lebih lebar dibanding tipe KLX di bawahnya.
Soal harga, Kawasaki KLX230S dibanderol dengan harga Rp49.900.000 di Indonesia, sementara model KLX230SM dipasarkan Rp54.500.000 (OTR Jakarta).
Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki Elektrode
Ada kabar baik bagi konsumen yang membeli motor tersebut akan mendapat diskon Rp2 juta. Diskon ini berlaku hingga September 2022.
Adapun untuk penjualan Kawasaki KLX230S dan KLX230SM di tahun ini, Kawasaki Indonesia punya target 2.500 unit untuk KLX230S dan KLX230SM sebanyak 1500 unit. Di tahun 2021, Michael mengatakan KLX230S terjual sebanyak 1.800 unit.