home ×
Digilife

Browser Microsoft Edge Aman Dipakai Anak-anak

18 February 2021 By
Browser Microsoft Edge Aman Dipakai Anak-anak
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Microsoft memperoleh keuntungan besar setelah memperkenalkan Edge versi terbarunya. Edge versi terbaru ini dirilis januari 2020 dengan fitur-fitur baru di setiap peluncurannya, bahkan popularitasnya kini melampaui Mozilla Firefox.

Baru-baru ini, Microsoft juga sedang menguji fitur baru yang dikhususkan untuk penggunanya yang masih berusia belia.

Fitur baru dari Microsoft Edge dirancang khusus untuk menjaga anak-anak tetap aman dan bersenang-senang saat menjelajahi internet. Fitur baru ini disebut dengan “Kids Mode” atau mode anak.

Dilansir dari Digital Trends, Kamis (18/2), Kids Mode ini masih dalam tahap pengujian beta di saluran Canary dan Dev di program milik Edge Insider. Fitur ini menghadirkan tema yang sudah disesuaikan, konten ramah anak pada halaman New Tab dan pengaman lainnya di web browser Microsoft.

Baca juga: Waspada Ekstensi Edge Berbahaya

Seperti namanya, semua yang ada dalam Kids Mode ini terkait dengan anak-anak. Kids Mode juga dirancang karena adanya kekhawatiran orangtua saat anak-anak mereka membuka browser web.

Fitur ini menargetkan anak-anak dengan 2 kelompok usia, lima hingga delapan tahun dan sembilan hingga dua belas tahun.

Kids Mode akan berfungsi tanpa menggunakan akun khusus anak atau menggunakan Family Group yang dibuat orang dewasa. Fitur ini anak muncul lewat pemilih profil di sudut atas Microsoft Edge.

Langkah ini diambil karena menurut Microsoft, akan lebih mudah bagi orangtua dan keluarga untuk berbagi browser bersama. Meski tak pakai akun anak, mode anak ini tentu dilindungi dengan kata sandi untuk memulai ulang browser-nya.

Dalam Kids Mode, ada juga Tracking Prevention default menuju Strict yang dapat memblokir pelacak saat melakukan browsing. Iklan-iklan juga tidak akan dimunculkan di halaman tab.

Baca juga: Microsoft Ingin Pengguna Windows Move On dari IE

Fitur lainnya termasuk artikel ramah anak dan Bing SafeSearch siap membantu anak-anak untuk mendapatkan konten aman. Nantinya teks, gambar dan video yang tak sesuai umur akan di filter dari pencarian.

Karena masih dalam uji coba beta, Microsoft masih mengumpulkan feedback dari para pencoba awal fitur ini. Microsoft mungkin akan menambahkan fitur tambahan lainnya hingga Kids Mode ini selesai dirancang.

Maka dari itu, Kids Mode belum tersedia pada browser pengguna saat ini. Seperti yang terjadi pada fitur Edge sebelumnya, Kids Mode diperkirakan akan muncul bagi pengguna umum dalam beberapa bulan kedepan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article