home ×
Digilife

Bug 0-Day Aktif Serang Jagat Internet, Update Google Chrome Kalian!

17 June 2021 By
Bug 0-Day Aktif Serang Jagat Internet, Update Google Chrome Kalian!
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Kepada para pengguna Google Chrome, ada informasi baru yang harus kalian perhatikan! Jika kalian kerap berselancar di Google Chrome di Windows, Mac, atau Linux, kalian harus segera update atau membarui ke versi terbaru yang dirilis Google.

Seperti dikutip Uzone.id dari The Hacker News, Google telah meluncurkan pembaruan mendesak untuk mengatasi 14 masalah keamanan yang baru ditemukan, termasuk bug 0-Day yang sedang dieksploitasi para peretas. Untuk kalian yang belum tahu, 0-Day adalah istilah untuk celah keamanan dalam sebuah sistem yang tidak diketahui oleh pihak pengembang sistem tersebut.

Celah keamanan yang diberi kode CVE-2021-30551 tersebut bersumber pada kelemaan engine open-source V8 dan JavaScript pada Chrome. Penemunya adalah Sergei Glazunov yang tak lain merupakan karyawan di Google Project Zero.

Baca juga: Windows 11 Bocor, Ungkap UI Baru hingga Start Menu

Direktur Theat Analysis Group di Google, Shane Huntley mengatakan, kelamahan tersebut dimanfaatkan oleh aktor sama yang sebelumnya juga menyalahgunakan celah keamanan yang disebut CVE-2021-33742. CVE-2021-33742 sendiri merupakan celah keamanan yang memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi kode berbahaya dari jarak jauh dengan memanfaatkan kelemahan di platform Windows MSHTML yang sudah diperbaiki Microsoft pada 8 Juni lalu.

Menurut laporan The Hacker News, kedua celah keamanan di Chrome tersebut sudah dijual agen exploit kepada aktor negara, yang kemudian menggunakannya untuk menyerang target di Eropa Timur dan Timur Tengah.

Baca juga: Microsoft Suntik Mati Windows 10 Per Oktober 2025, Windows 11 Siap Rilis?

Keterangan teknis lebih lanjut tentang sifat serangan tersebut akan dirilis Google dalam beberapa pekan ke depan, agar mayoritas pengguna bisa memasang dan memperbarui Chrome untuk mencegah pelaku ancaman untuk mengeksploitasi celah itu.

Dengan pembaruan ini, Google tercatat sudah menutup tujuh 0-Day sejak awal tahun 2021. Agar terhindar dari hal yang tak diinginkan, kamu bisa memperbarui Chrome ke versi 91.0.4472.101 melalui Settings > Help > About.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id