icon-category Auto

Bukan Cuma Ponsel, Ternyata Huawei Juga Jualan Mobil

  • 03 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Shanghai, China, Uzone.id - Percaya atau tidak, ternyata dua tahun terakhir ini Huawei sudah memasarkan mobil buatan mereka. Mobil yang diklaim pintar karena memiliki segudang teknologi canggih seperti layaknya ponsel. 

Namun Huawei tak bekerja sendiri untuk membuat  mobil itu. Produsen asal China itu berkolaborasi dengan rekan senegaranya, Seres. Jadi intinya Seres bertugas untuk membuat platform mobilnya, kemudian Huawei menambahkan beberapa elemen yang membuat mobil tersebut pintar. 

Sejauh ini ada tiga model yang sudah diluncurkan, ketiganya di bawah nama mereka Aito. Ada Aito M5, M7 yang merupakan mobil hybrid dan terakhir yang merupakan full electric adalah M5 EV yang baru saja diluncurkan September 2022 lalu. 

Aito M5 merupakan SUV dua baris untuk lima penumpang yang digerakan oleh mesin hybrid. Mobil ini diluncurkan pada Desember 2021 lalu dengan harga 250.000 Yuan, atau sekitar Rp 518 juta. 

alt-img

Kemudian model Aito M7 merupakan model yang lebih besa dengan kapasitas tujuh penumpang. Mobil yang tersedia versi hybrid dan full electric ini dijual mulai dari Rp 740 - 879 juta. 

Kemudian yang paling bungsu adalah M5 EV. Ini merupakan pengembangan dari model M5 sebelumnya, yang kini sepenuhnya digerakan oleh motor listrik. Ketiga mobil tersebut juga sudah menggunakan sistem operasi Harmony OS yang akan mengatur banyak sekali fungsi elektronik. 

Di Indonesia sendiri nama Aito memang jarang sekali terdengar. Wajar saja, karena memang selama dua tahun ini Aito hanya dipasarkan untuk China saja, belum ada negara lain yang sudah kebagian mobil tersebut. 

Namun kabarnya, Huawei tengah bersiap untuk ekspansi ke negara lain, dan wilayah pertama yang mereka tujuada adalah negara-negara di Asia Tenggara. Semoga saja Indonesia menjadi salah satunya ya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini