icon-category Auto

Bukan Replika, Honda RC213V MotoGP 2022 Mejeng di IIMS!

  • 23 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Biasanya Honda kerap memamerkan motor replika MotoGP versi jalanan yakni RC213V-S di setiap pameran otomotif. Namun kali ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, PT Astra Honda Motor (AHM) memajang RC213V MotoGP 2022 dengan livery terbaru mereka.

Honda RC213V 2022 adalah motor yang digunakan oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP. Secara spesifikasi motor ini tidak diragukan lagi performanya di atas lintasan.

Honda RC213V 2022 dibekali oleh mesin screamer, 1.000 cc, V4, 4-tak, DOHC, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga lebih dari 241,3 hp dengan bobot hanya 157 kilogram saja.

Dari segi struktur, Honda RC213V 2022 menggunakan rangka aluminium twin-tube yang dilengkapi suspensi upside down di depan dan monoshock di belakang. Rangka ini cukup kuat serta fleksibel sehingga mendukung keseimbangan di lintasan balap.

alt-img

Yang paling menarik adalah livery Repsol Honda baru yang terpasang pada RC213V 2022 itu. Livery ini muncul menjelang MotoGP 2024 yang digunakan pada motor Joan Mir dan Luca Marini.

Menariknya, pada livery ini logo One Heart Satu Hati mejeng cukup besar dan memiliki posisi berbeda dari livery sebelumnya. Karena hengkangnya Marc Marquez, maka motor ini tak lagi memiliki sponsor Red Bull lagi.

Kemudian warna oranye tidak lagi mendominasi pada livery Repsol Honda MotoGP 2024 ini. Kini warna biru lebih mendominasi yang sekilas membuatnya mirip dengan livery yang digunakan Valentino Rossi pada saat masih bersama Honda.

Thomas Wijaya selaku Executive Vice President PT AHM menanggapi mengenai livery tersebut yang dipajang di IIMS 2024. Menurutnya motor ini memiliki desain livery baru yang membuat logo One Heart Satu Hati berubah posisinya.alt-img

"Di MotoGP ini yang baru kan banyak perubahan, dari spesifikasi engine kemudian desain total berubah. Kalau lihat kan yang lalu ada logo kita di sepatbor belakang, cuma dengan perubahan desain, kan sudah tidak ada lagi sepatbornya," ujar Thomas belum lama ini.

"One Heart Satu hati ini bisa buat memperkuat lagi image racing di Indonesia," lanjut Thomas.

Octavianus Dwi selaku Marketing Director PT AHM juga mengatakan pihaknya senang logo One Heart Satu Hati terlihat lebih besar.

"Dulunya di bawah, sekarang lebih ke atas, karena desain motornya juga berubah," ucap Octa.

Perlu diketahui bagi pecinta MotoGP yang mau melihat Honda RC213V 2022 dengan livery MotoGP 2024 bisa mengunjungi IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran Hall B2.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini