icon-category Auto

Ramai Baterai Motor Listrik Dicuri, Perlu Rombak Desain?

  • 23 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Motor listrik di Indonesia perlahan-lahan semakin berkembang penggunaannya. Namun di tengah perkembangan kendaraan ramah lingkungan tersebut, turut muncul modus kejahatan baru yakni pencurian baterai.

Berdasarkan penelusuran Uzone.id di halaman Facebook komunitas sepeda motor listrik (Kosmik), beberapa pengguna motor listrik sudah mulai mengalami kecolongan baterai.

Bahkan tak sedikit korban pencurian baterai motor listrik tersebut adalah ojek online alias ojol.

Kejadian ini tidak hanya berlangsung di Indonesia, berdasarkan laporan Ride Apart pengendara motor listrik di Italia juga menjadi sasaran pencuri baterai.

Jika dilihat dari desain setiap motor listrik, komponen baterai memang mudah diambil jika menggunakan model yang bisa dilepas pasang, termasuk swap. Terlebih jika pengendara lupa menutup bagasi motor, maka dengan mudah komponen baterai diambil oleh orang lain.

alt-img

Berbeda dengan motor listrik yang menggunakan sistem baterai tanam, tentunya akses untuk melepas baterai menjadi lebih sulit dilakukan.

Perihal kejadian ini, Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) angkat bicara.

Moeldoko mendorong produsen motor listrik untuk membuat inovasi baru terhadap baterai agar tidak mudah dicuri oleh orang lain.

"Kalau gitu memang perlu ada desain baru untuk melindungi baterai, karena baterai itu begitu dibuka tempat duduknya memang bisa diambil. Ini juga harus ada, perlu dipikirkan ini. Masukan yang bagus ya," ujar Moeldoko di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Menurut Moeldoko memang produsen sepeda motor listrik harus dapat melihat fenomena ini. Mengingat baterai juga menjadi kebutuhan konsumen, sehingga keamanannya juga harus dipastikan.

"Saya pikir produsen harus meng-capture itu. Itu kan bagian dari kebutuhan konsumen, bagaimana dia mengamankan, bukan hanya sepeda motor, tapi baterainya sekarang," jelasnya.

Perlu diketahui, baterai menjadi komponen paling vital dalam sebuah kendaraan listrik. Bahkan harga baterai tidak bisa dianggap murah, karena beberapa produsen motor listrik bisa menjual komponen tersebut hingga setengah dari harga produknya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini