icon-category Digilife

Bukan TikTok, Facebook Tetap Juara 1 buat Netizen Indonesia

  • 22 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Firmbee.com @firmbee/Unsplash

    Uzone.id - Pengguna Internet di Indonesia makin meningkat tiap tahunnya. Dalam survei terbaru yang dibagikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di minggu kedua Juni 2022,  pengguna internet Indonesia mencapai 220 juta di tahun 2022.

    Berdasarkan Survei Internet Indonesia di tahun 2021-2022 kuartal pertama, pengguna Internet Indonesia berhasil naik dari yang awalnya 175 juta menjadi 220 juta setelah pandemi.

    Penetrasi internet terhadap penduduk Indonesia juga turut mengalami kenaikan, berada di angka 77 persen. 

    Berdasarkan umur, terlihat remaja usia 13 tahun hingga 18 tahun paling besar dalam hal penetrasi internet di Indonesia. Sekitar 99,16 persen kelompok usia tersebut telah terhubung ke Internet, ini artinya hampir seluruh remaja di Indonesia telah menyentuh internet.

    Baca juga: 'Tangan Kanan' Mark Zuckerberg Hengkang dari Meta, Apa Alasannya?

    Adapun media sosial menjadi konten internet yang paling banyak diakses, ini menunjukkan kalau warganet di Indonesia sering eksis di berbagai platform media sosial. Kira-kira platform medsos mana yang banyak digunakan warga indonesia?

    Warga Indonesia juga banyak menggunakan internet untuk chatting-an dan juga belanja online. Bermain game dan membuka portal berita online juga jadi salah satu kegiatan internet yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

    Mengalahkan TikTok, Instagram dan media sosial lainnya, Facebook masih jadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh warganet Indonesia dengan angka 68 persen, di posisi kedua ada YouTube sebagai media sosial yang paling banyak dipakai.

    Untuk chattingan, warga Indonesia kebanyakan menggunakan WhatsApp dan Facebook Messenger.

    Baca juga: Ajaibnya Netizen Indonesia, Sungai Aare Sampai Dikasih Bintang 1 di Google

    Lalu untuk mesin pencarian, Google tetap berada di posisi pertama diikuti oleh UC Browser. Untuk meeting, warganet banyak menggunakan WhatsApp dan Zoom. 

    Warganet banyak menggunakan Gojek dan Grab untuk memesan kendaraan online, untuk e-wallet sendiri, pengguna internet Indonesia memiliki GoPay dan ShopeePay. Platform belanja online yang jadi favorit warga Indonesia adalah Shopee dan Lazada.

    Untuk hiburan sendiri, Netflix menjadi aplikasi streaming yang paling digunakan, disusul oleh WeTV. sedangkan untuk musik, YouTube Music dan Google Play Music menjadi dua aplikasi pilihan warga Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini