icon-category Digilife

Bukan TikTok, Medsos Favorit Gen Z (Tetap) Instagram

  • 01 Apr 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – TikTok, YouTube dan Instagram sama-sama platform yang menyajikan fitur video pendek saat ini. Gak heran kalau ketiga aplikasi ini paling banyak digunakan kalangan Gen Z untuk mengisi waktu gabut.

Walaupun TikTok dan YouTube masih berada di posisi atas platform video dengan pengguna terbanyak, tapi kenyataannya dua platform ini masih kalah dari Instagram soal popularitas di Indonesia.

Yup, survei terbaru Jakpat bersama dengan Invinyx dengan tajuk ‘Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial’ mengungkap kalau platform Instagram tetap menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023.

“Secara keseluruhan terdapat 3 platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden yakni Instagram (94 persen), YouTube (91 persen), dan TikTok (81 persen),” tulis Jakpat dalam keterangan resminya.

Dari ragam konten yang tersedia, tiga format konten yang paling diminati di media sosial adalah vlog, podcast dan juga story. Story sendiri jadi salah satu fitur yang tersedia di beberapa platform, salah satunya adalah Instagram dan juga TikTok. Sementara vlog dan podcast pun kini merambah ke semua media sosial, baik itu berdurasi pendek maupun berdurasi panjang.

Konten vlog dan foto cenderung lebih diminati oleh perempuan, sementara pengguna laki-laki lebih banyak menonton streaming dan mengincar giveaway.

Sementara itu, dalam penemuan yang sama, konten-konten hiburan menjadi konten yang paling banyak ditonton di media sosial oleh para Gen Z. Persentase konten hiburan ini mencapai 88 persen.

Di posisi kedua ada konten kuliner (mukbang, resep dkk) dengan persentase mencapai 84 persen serta di posisi ketiga ada konten fesyen dengan persentase mencapai 65 persen.

Gak cuman dinikmati, perkulineran jadi produk yang paling populer untuk dibeli oleh responden di platform media sosial. 

Nah di kalangan Gen Z, mereka cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen. Sementara Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik.

Menyematkan tautan atau link produk pada konten promosi jadi hal penting yang mempengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial, maka dari itu sekarang banyak yang sering berbagi link di postingan Instagram Stories, Reels atau konten TikTok.

"Studi kami menunjukkan perbedaan dalam penggunaan media sosial, minat konten, dan preferensi produk antara Gen Z, Millennial, dan Gen X,” kata Farida Hasna Annuha, Research Lead Jakpat.

Selain untuk mengetahui behavior pengguna gen Z di medsos, adanya temuan-temuan ini juga mejadi insight untuk menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen. Apalagi dengan kehadiran key opinion leader yang menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi bagi konsumen dalam keputusan pembelian.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini