icon-category Gadget

Bukti Bagusnya Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra

Uzone.id - Peningkatan signifikan yang dibawa Samsung Galaxy S23 Ultra adalah kamera utamanya yang menggunakan sensor 200 MP. Sensor kamera ini berbeda dari Infinix Zero Ultra (ISOCELL HP1) maupun ISOCELL HP3, Samsung bakal menyematkan sensor yang jauh lebih canggih.

Seorang leakster anonim melaporkan kepada GSMArena, sensor 200 MP yang digunakan oleh Samsung Galaxy S23 Ultra berukuran 1/1.3” dengan ukuran piksel 0.6µm. Alih-alih menghasilkan foto di resolusi 12,5 MP, keluaran gambar dari kamera ini beresolusi 50 MP.

“Mode pemotretan masih dalam pengembangan,” kata si leakster.

Gak cuma membagikan sejumput bocoran spesifikasi kamera saja, leakster tersebut turut mengungkap satu foto perbandingan yang memperlihatkan peningkatan kualitas kamera Samsung Galaxy S23 Ultra ketimbang Galaxy S22 Ultra.

Baca juga: Jadwal Update One UI 5 dan Smartphone Samsung yang Kebagian

Foto ini sudah diperbesar 16 kali dari aslinya. Terlihat, smartphone baru Samsung itu menghasilkan gambar dengan detail dan warna yang lebih tajam. Hasilnya tak buram seperti Galaxy S22 Ultra, padahal pemotretan dilakukan tanpa bantuan AI Scene Detection khas Samsung.

Di bawah ini adalah perbandingan kamera utama antara Samsung Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S22 Ultra:

Hasil kamera Samsung Galaxy S23 Ultra
Hasil kamera Samsung Galaxy S22 Ultra

Kamera lainnya masih sama

Kamera utama boleh lah di-upgrade signifikan. Namun untuk kamera lainnya, masih sama dengan generasi yang lalu.

Kamera telephoto-nya masih 10 MP dengan OIS (optical image stabilization) dan dukungan 3x optical-zoom. Ada juga kamera tele 10 MP dengan lensa periskop dengan OIS juga yang punya kemampuan 10x optical-zoom. Sementara buat ultra wide, belum diketahui spesifikasinya.

Baca juga: Benchmark Samsung Galaxy S23 Ultra Beredar, Seberapa Kencang?

Meski sama, pemrosesan gambarnya telah ditingkatkan dengan lebih baik. Selain faktor ISP (image signal processor) yang lebih baik, teknologi pencitraan berbasis AI (artificial intelligence) juga jauh lebih oke.

Kemungkinan, Samsung Galaxy S23 Ultra akan meluncur pada Februari tahun depan. So, kita tunggu saja update lainnya dari suksesor Samsung Galaxy S22 Ultra tersebut.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini