icon-category Gadget

Bukti Samsung Galaxy S23 Series Jadi Smartphone Terkencang Sedunia

Uzone.id - Samsung Galaxy S23 Series bukan hanya seri ponsel Android paling dinanti di tahun depan, tapi juga bakal menjadi salah satu smartphone flagship dengan performa paling kencang. 

Tiga seri yang bakal diluncurkan Samsung di tahun depan, Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra sebagai ponsel dengan spesifikasi paling tinggi.

Sudah banyak bocoran bermunculan terkait suksesor Samsung Galaxy S22 Series ini. Terbaru, berasal dari leakster di Twitter dengan akun @AhmedQwaider888, yang menyebut Samsung Galaxy S23 Series punya upgrade performa yang sangat signifikan.

Smartphone flagship ini disebut-sebut bakal ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dengan clock-speed yang jauh lebih tinggi. Model chipset yang digunakannya berbeda dari Snapdragon 8 Gen 2 yang beredar sekarang.

Sekadar informasi, Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan pada Xiaomi 13 Series, iQOO 11, dan ponsel lainnya membawa nomor model SM8550-AB. Sementara chipset yang akan disematkan pada Galaxy S23 Series memiliki nomor model SM8550-AC atau ‘AC Version’ dengan clock-speed pada prime-core mencapai 3,36 GHz.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 yang Di-overclock

Performa naik 36 persen

Menurut @AhmedQwaider888, Samsung Galaxy S23 Series mempunyai kinerja GPU atau pemrosesan grafis yang lebih baik sampai 48 persen. Pemrosesan AI atau kecerdasan buatan juga 60 persen jauh lebih pintar.

Sementara untuk kinerja CPU-nya, Samsung Galaxy S23 Series 36 persen jauh lebih kencang ketimbang Samsung Galaxy S22 Series yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1. 

Hal ini membuat trio Galaxy S yang terbaru menjadi salah satu smartphone flagship Android paling kencang di tahun depan.

Bukan cuma lebih ngebut, prosesor berbasis 4nm TSMC itu memiliki efisiensi daya baterai yang lebih baik. Masalah overheat pada chipset terdahulu juga dapat diatasi, ditambah dengan sistem pendingin yang lebih proper pada smartphone ini.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 vs Dimensity 9200

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 Series

Trio Galaxy S yang terbaru bakal menjadi salah satu seri flagship Android yang ditunggu-tunggu di tahun depan. Samsung Galaxy S23 Ultra sebagai varian tertinggi, bakal dilengkapi dengan S Pen dan membawa kamera utama dengan sensor 200 MP yang terbaru.

Ukuran layarnya 6,8 inci berjenis Dynamic AMOLED generasi terkini yang mendukung refresh rate adaptif dari 1Hz hingga 120Hz. Konon, layarnya dapat mencetak rekor kecerahan maksimum, karena mencapai 2.000 nits.

Kapasitas RAM-nya hingga 12 GB berjenis LPDDR5X dengan penyimpanan internal bertipe UFS 4.0 hingga 1 TB. Adapun kapasitas baterainya, sebesar 5.000 mAh yang didukung fast charging yang mungkin tak berbeda jauh dari sebelumnya.

Baca juga: FOTO: Samsung Galaxy S23 Ultra Mirip S22 Ultra, Yakin Mau Upgrade?

Sementara Samsung Galaxy S23 ditopang baterai 3.900 mAh dan S23 Plus membawa baterai 4.700 mAh.

Soal harga, ketiganya mungkin akan dibanderol dengan harga yang sama seperti Samsung Galaxy S22 Series yang meluncur awal tahun ini. Saat peluncurannya dikabarkan bakal diundur, ternyata Samsung akan memajukan jadwal rilis Galaxy S23 Series pada 1 Februari dengan penjualan secara global pada 17 Februari 2023 mendatang.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini