icon-category Gadget

Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 yang Di-overclock

Uzone.id - Samsung secara mengejutkan menghilang dari daftar merek smartphone yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Alhasil, dua kemungkinan terbesar terkait Samsung Galaxy S23 Series pun muncul.

Pertama, Samsung Galaxy S23 Series tidak akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 atau Samsung mendapatkan kesempatan spesial dari Qualcomm untuk menggunakan chipset yang jauh lebih kencang daripada lainnya.

Snapdragon 8 Gen 2 yang asli membawa nomor model SM8550-AB. Kalau mengikuti peluncuran Snapdragon seri flagship sebelumnya, versi yang lebih tinggi biasanya diakhiri dengan huruf ‘AC’ pada nomor modelnya.

Rumornya sih, Samsung secara eksklusif menggunakan versi khusus dari Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah di-overclock dengan nomor model SM8550-AC. Makanya, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut tak dimunculkan bersama dengan merek lainnya yang mengusung ‘Snapdragon 8 Gen 2 standar’.

Baca juga: 10 Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Incaran Kamu Ada?

Rumor itu pun mulai terbukti kebenarannya dari hasil benchmark di Geekbench. Terlihat dari daftar spesifikasinya, frekuensi clock-speed pada prime-core Snapdragon 8 Gen 2 di Samsung Galaxy S23 Series lebih cepat dari kompetitornya.

Masih menggunakan tiga kluster, prime-core prosesor ini berkecepatan 3,36 GHz, performance-core memiliki clock-speed 2,8 GHz dan efficiency-core pada 2,02 GHz. Dibandingkan dengan Vivo X90 Pro dan iQoo 11, prime-core dari chipset keduanya mentok di 3,19 GHz saja.

Bukan cuma CPU yang lebih kencang, GPU juga

Ternyata upgrade eksklusif yang didapat Samsung tak sebatas pada CPU saja, tapi juga pada sektor kartu grafis. GPU Snapdragon 8 Gen 2 di Samsung Galaxy S23 Series akan berjalan lebih cepat di frekuensi 719 MHz, naik dari 680 MHz.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri masih dibangun menggunakan arsitektur 4nm TSMC. Prosesor ini menjanjikan performa CPU 35 persen lebih cepat dan GPU 25 persen lebih mumpuni dari Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Ray Tracing, Game Android Makin Mirip PC

Seharusnya, chipset yang nantinya akan digunakan Galaxy S23 Series pun bakal jauh lebih cepat. Hingga kini, belum diketahui apakah chip yang digunakan Galaxy S23 Series akan dijuluki Snapdragon 8+ Gen 2 atau yang lainnya. Kita nantikan saja update selanjutnya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini