icon-category Digilife

ByteDance Fix Gandeng GoTo demi Hadirkan TikTok Shop?

  • 05 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Induk TikTok, ByteDance dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan GoTo pada hari Selasa, (05/12). Investasi TikTok ke Tokopedia ini dilakukan demi membawa kembali TikTok Shop ke Indonesia.

Mengutip laporan dari Bloomberg, Induk TikTok ini sudah sepakat bekerja sama dengan Tokopedia alih-alih harus berkompetisi langsung dengan platform e-commerce lokal di Indonesia.

Orang dalam yang mengetahui informasi ini (dan tidak ingin diungkap identitasnya) menyebut kalau kedua pihak rencananya akan mengumumkan lebih detail soal kesepakatan ini paling cepat pada pekan depan.

Meskipun disebut telah mencapai deal, namun rancangan dan detail dari kesepakatan tersebut bisa jadi berubah sebelum pengumuman resmi. Selain itu, kerja sama ini juga masih menunggu persetujuan dari pemerintah dan masih ada kemungkinan untuk gagal di kemudian hari.

Investasi ke e-commerce ini akan menjadi yang pertama bagi TikTok Shop yang berkembang pesat di Indonesia dan negara-negara lain seperti AS dan Eropa. 

Sayangnya kehadiran TikTok Shop di Indonesia tidak berlangsung lama karena aturan dari Kementerian Perdagangan yang melarang layanan social media digabung dengan layanan e-commerce dalam satu aplikasi.

Hingga kabar ini diturunkan, tim Uzone.id sudah menghubungi perwakilan TikTok Indonesia dan juga GoTo Group, namun kedua pihak belum memberikan respon terkait kabar kesepakatan ini. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini