icon-category Digilife

TIkTok Shop Bakal Balik ke Indonesia, Fix Gabung Sama Tokopedia?

  • 01 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Setelah dikabarkan sedang mengurus izin e-commerce ke Kementerian Perdagangan, kabar soal TikTok Shop bergabung dengan e-commerce lokal juga semakin ramai terdengar.

TikTok dikabarkan sudah meminang GoTo untuk membawa kembali e-commerce tersebut ke Indonesia. 

Melansir dari Bloomberg, Kamis, (30/11), TikTok saat ini sedang dalam proses berinvestasi ke Tokopedia sebagai cara agar bisa membuka layanan TikTok Shop di Indonesia setelah ditutup pada Oktober 2023 lalu.

Bahkan dari beberapa sumber yang beredar, TikTok Shop akan merger dengan Tokopedia. Akan tetapi, orang dalam yang tahu soal hal ini menyebut kalau nantinya investasi akan berbentuk joint venture atau usaha patungan antara Tokopedia dan TikTok Shop.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Selasa, (28/11), mengatakan TikTok Shop boleh untuk merger dengan e-commerce lokal asalkan tidak melakukan praktik predatory pricing. Selain itu, Teten juga mengingatkan TikTok untuk tetap menghormati perkembangan ekonomi nasional.

“Mereka juga harus menghormati pengembangan ekonomi nasional,” ujarnya dikutip dari Antaranews.

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi meminta agar tetap menjaga ekosistem digital tetap sehat.

“Pokoknya begini, ekosistem digital ini mesti sehat. Kalau soal e-commerce dan merger kan urusan B2B. Yang pasti, konsumen diuntungkan, negara juga diuntungkan karena tidak banyak barang impor, dan UMKM dilindungi,” ujarnya kepada awak media, Kamis, (30/11).

Hingga saat ini, baik itu Tokopedia maupun TikTok belum mau buka suara soal huru-hara ini. Namun, orang dalam menyebut kalau keputusan soal investasi ini akan difinalisasi beberapa minggu ke depan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini