icon-category Digilife

Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online

  • 29 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: bady abbas/Unsplash

    Uzone.id - Sebentar lagi lebaran, saatnya bayar zakat fitrah untuk melaksanakan Rukun Islam ketiga bagi umat muslim. 

    Zakat Fitrah sendiri adalah zakat yang diwajibkan bagi setiap orang baik itu bayi yang baru lahir maupun yang sudah tua, lelaki atau perempuan muslim yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan hingga sebelum shalat Idul Fitri.

    Nah, perkembangan zaman sudah makin canggih dan praktis, pembayaran zakat fitrah pun bisa dilakukan tanpa repot-repot mendatangi tempat ibadah dan tempat pembayaran zakat.

    Sekarang, tinggal buka gadget lalu cek website-website terpercaya, lalu zakat fitrah pun sudah selesai terpenuhi.

    Baca juga: Jelang Lebaran, Apa Saja yang Diburu Konsumen di E-commerce?

    Ada beberapa website trusted yang bisa kalian gunakan untuk pembayaran zakat, caranya pun cenderung mudah.

    Pertama, lewat BAZNAS

    Caranya, buka laman resmi BAZNAS lewat link ini. Kemudian, pilih jenis dana dan isi jumlah zakat yang akan dibayarkan, masukkan nominal uang. Selanjutnya, isi daya diri pembayar, mulai dari nama lengkap, nomor telepon, dan juga alamat email yang masih digunakan.

    Terakhir, lanjut ke pembayaran. Kalian akan diarahkan untuk melakukan pembayaran hingga transaksi selesai. Transaksi bisa dilakukan melalui bank, e-wallet, dan akun virtual.

    Kedua, lewat Dompet Dhuafa

    Caranya, buka laman resmi dari Dompet Dhuafa, lalu pilih kolom jenis donasi, setelah itu isi pilihan dengan zakat. Kemudian pilih Zakat Fitrah, dan isi jumlah nominal yang akan dibayarkan.

    Selanjutnya, isi data diri berupa nama lengkap, email, dan juga nomor telepon. Lalu, pilih metode pembayaran yang bisa dilakukan lewat online payment dan transfer bank. Terakhir, klik Donasi Sekarang untuk melengkapi pembayaran.

    Ketiga, lewat Rumah Zakat 

    Pertama, buka laman resmi dari Rumah Zakat. Lalu klik Zakat Sekarang, setelah itu masukkan nominal yang akan dibayarkan. Lalu isi data diri seperti nama lengkap yang ingin membayar zakat. 

    Baca juga: Mencoba Work From Rest Area, Internetan Gak Insecure Pakai Ini!

    Jangan lupa untuk membaca niat zakat fitrah agar sah dalam menunaikannya, lalu klik Donasi Sekarang.

    Keempat, lewat Tokopedia

    Pertama, buka aplikasi Tokopedia terbaru. Lalu klik ‘Lihat Semua’ di halaman utama, lalu pilih opsi Zakat Fitrah. Selanjutnya, tentukan jumlah orang yang wajib zakat.

    Aplikasi akan menampilkan jumlah nominal zakat yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan, lalu isi nama wajib zakat. Kemudian pilih pembayaran.

    Kalian akan mendapat pop up niat zakat fitrah yang perlu kalian baca agar ibadah ini lebih afdol dilaksanakan, lalu klik Lanjut Bayar. 

    Kemudian pilih metode pembayaran yang kalian inginkan, dan klik Bayar. Selanjutnya, kalian akan diarahkan untuk melakukan proses pembayaran hingga selesai.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini