home ×
Startup

Cara Platform Edukasi Zenius Tarik Minat Anak Belajar Online

26 September 2021 By
Cara Platform Edukasi Zenius Tarik Minat Anak Belajar Online
Share
Share
Share
Share

Foto: Aplikasi Zenius di Telkomsel (Foto: Telkomsel)

Uzone.id - Kebutuhan untuk menumbuhkan semangat belajar dianggap sangat krusial di Indonesia. Pasalnya, menurut data Programme for International Student Assessment (PISA) dari 2000-2018, Indonesia selalu menetap pada peringkat 10 terbawah dari semua negara partisipan survei.

Pada survei terakhir di tahun 2018, siswa Indonesia berada di peringkat ke-6 terendah untuk skor membaca, peringkat ke-7 terendah untuk matematika, dan peringkat ke-9 terendah untuk sains. Ironisnya, ketiga skor di mata pelajaran fundamental ini justru mengalami penurunan dari riset sebelumnya pada tahun 2015.

Walaupun riset PISA menguji siswa-siswi berusia 15 tahun, nyatanya keterampilan fundamental merupakan bekal yang penting untuk dilatih sedini mungkin, terutama di umur sekolah dasar. Studi Global Save the Children pada bulan Juli 2020 juga mengindikasikan bahwa 8 dari 10 anak tidak dapat mengakses bahan pembelajaran yang memadai selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Baca juga: Zenius Klaim Punya 20 Juta Pengguna Aktif di RI

Menumbuhkan minat belajar sejak dini memang tidak mudah. Tidak heran jika platform belajar Zeniu membuat cara yang unik agar siswa SD mau belajar secara online. Yakni dengan menghadirkan tiga karakter animasi di platform belajar khusus bernama ZeniusLand.

ZeniusLand adalah platform belajar yang dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan fundamental dan cara berpikir kritis siswa sekolah dasar di Indonesia. Platform ini menyediakan permainan edukatif untuk meningkatkan kecerdasan kognitif maupun emosional anak.

WhatsApp Image 2021-09-24 at 21.04.24

Tiga karakter sahabat dalam ZeniusLand

Selain itu, platform terbaru dari Zenius ini pun bisa menambah semangat eksplorasi dan belajar anak, dengan mengenalkan karakter animasi yang membuat kegiatan belajar anak jadi semakin menyenangkan. Siswa dapat memulai petualangan dalam mengejar ilmu pengetahuan bersama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Imaji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi.

Baca juga: Mengenal Metode Pembelajaran Adaptif yang Digarap Zenius

"Kami percaya, sisi menyenangkan dalam kegiatan belajar harus dibangun sedini mungkin, seperti sejak usia sekolah dasar. Jika siswa sudah menumbuhkan “kecintaan belajar”, maka niscaya mereka akan memiliki motivasi ini untuk terus memelihara rasa ingin tahu dan mempelajari hal-hal baru hingga dewasa,” ungkap Sabda P.S, Founder dan Chief Education Officer Zenius, dalam keterangan resminya, MInggu, 26 September 2021.

Dalam pengembangan awalnya, ZeniusLand telah menyediakan sekitar 40 video pembelajaran ditambah lebih dari 200 pertanyaan. Platform ini juga didukung oieh lebih dari 40 materi pembelajaran interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini telah tersedia di Android dengan biaya berlangganan sekira Rp800 ribu per tahun. Dalam waktu dekat juga dikabarkan akan ada di iOS.

Nantinya, akan ada tambahan variasi konten dan mata pelajaran yang tersedia di ZeniusLand. Tak hanya untuk anak kelas 4-6 SD tapi juga kelas 1-3 SD. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id