home ×
Auto

Ceceran Solar dan Hujan Bikin Jatuh Belasan Motor di Depok

14 January 2021 By
Ceceran Solar dan Hujan Bikin Jatuh Belasan Motor di Depok
Share
Share
Share
Share

Foto: Ilustrasi - ist

Uzone.id - Perpaduan apik ceceran solar dan air hujan di permukaan jalan, maka belasan motor jadi korban karena gak bisa mengendalikan laju akibat kehilangan traksi pada permukaan jalan.

Ya, fenomena tersebut terjadi di jalan utama dekat Universitas Indonesia, Depok. Dimana dalam kondisi hujan ada tumpahan minyak yang diduga solar, sehingga menyebabkan setidaknya 15 sepeda motor tergelincir.

Kejadian ini pun viral di media sosial. Yahdi Rosyadi, saksi mata di tempat kejadian mengungkap, dari awal Jalan Margonda mengarah ke Jalan Lenteng Agung itu sudah dipenuhi solar yang bercampur air hujan.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Dia mengatakan cairan minyak tersebut berasal dari truk Mitsubishi Fuso yang mengalami gangguan dan sedang parkir di pinggir jalan.

Dari sisi safety riding, mengendarai sepeda motor dalam kondisi permukaan jalan basah saja sebenarnya sudah berbahaya, karena minimnya traksi ban ke permukaan jalan akibat basah atau genangan air.

(Foto: dok. Yahdi Rosyadi)

Apalagi ketika ditambah ada cairan minyak yang jelas-jelas tidak menyatu dengan air, sehingga berada diatas permukaan air.

Sebenarnya dari sisi teknik berkendara, kondisi seperti ini memang sulit dikendalikan. Cara paling baik adalah menghindarinya.

Tapi kalau terlanjur melintasi permukaan jalan yang licin tiba-tiba, ada baiknya tidak panik dan usahakan tidak melakukan pengereman mendadak.

Selain itu, sebisa mungkin jaga keseimbangan sambil berusaha menghentikan laju motor perlahan, dengan memanfaatkan rem depan dan belakang. Bedanya, dalam kondisi seperti ini porsi rem belakang lebih banyak ketimbang rem depan.

VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article