icon-category Digilife

Cegah Bullying di Medsos, Instagram Luncurkan 3 Fitur Keamanan Baru

  • 07 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Brett Jordan/Unsplash

    Uzone.id - Sudah menjadi rahasia umum kalau Instagram merupakan rumah untuk para konten kreator termasuk publik figur beserta penggemarnya. Platform ini banyak digunakan para kreator untuk berkarya sekaligus berkomunikasi dengan followers yang jumlahnya tak sedikit.

    Dengan massa yang cukup besar, tak jarang banyak pengguna mendapatkan komentar-komentar ‘negatif’. Maka dari itu, untuk mencegah aksi perundungan sekaligus melindungi pengguna dari bullying di dunia siber, Instagram meluncurkan 3 fitur baru.

    “Fitur ini kami desain berdasarkan masukan yang kami terima dari para kreator dan figur publik di seluruh dunia, yang kami harap bisa dimanfaatkan oleh khalayak luas,” kata  Ivana Kirkbride, Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta dalam pernyataan yang diterima Uzone.id.

    Baca juga: Fitur Baru WhatsApp: Grup Tampung 5.000 Anggota, Video Call Bisa 32 Orang

    Berikut fitur-fitur baru Instagram yang diluncurkan untuk mencegah tindakan bullying di dunia siber, khususnya di platform Instagram.

    Fitur Multi-Blokir

    Fitur ini didesain agar orang yang sudah diblokir tidak bisa mengulang perilakunya, meski mereka membuat akun baru. Yap, fitur ini dapat memblokir akun-akun yang dibuat oleh seseorang kedepannya setelah mereka diblokir oleh pengguna.

    Berdasarkan tes awal yang dilakukan Instagram, fitur ini telah mengurangi jumlah akun yang diblokir para publik figur di seluruh dunia hingga 4 juta akun.

    Fitur Kata-Kata Tersembunyi (Hidden Words)

    Instagram sudah meluncurkan fitur Hidden Words semenjak tahun lalu dan berhasil menunjukkan penurunan hingga 40 persen dalam jumlah komentar negatif ketika fitur ini diaktifkan. 

    Dan sekarang, fitur Hidden Words diperluas untuk mencakup pesan ofensif di DM yang dikirim orang melalui balasan Stories.

    Instagram juga menambahkan daftar kata-kata di Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

    Baca juga: Elon Musk Siap Datangi Indonesia, Jadi Pembicara di B20 Summit 2022

    Fitur ini bakal aktif secara otomatis bagi pengguna yang menggunakan opsi Akun Kreator di Instagram dan memberikan opsi untuk pemilik akun menambahkan kata-kata atau emoji yang tidak ingin mereka lihat di kolom komentar maupun DM mereka.

    Nudges

    Selanjutnya, ada fitur Nudges yang merupakan fitur pemberi peringatan saat seseorang mengetik kata-kata bersifat negatif di Instagram. 

    Fitur ini sekarang tersedia di kolom komentar, yang mana pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk berhenti sebelum mereka menggunakan kata-kata yang dipindai bersifat ofensif oleh sistem Instagram. 

    Untuk saat ini, fitur Nudges baru tersedia dalam Bahasa Inggris, dan akan diperluas ke bahasa lain dalam waktu dekat.

    Dalam waktu dekat, Instagram juga akan menyalakan pengingat (reminder) untuk pengguna seluruh dunia saat akan mengirimkan DM ke akun kreator, hal ini dimaksudkan untuk membangun interaksi yang positif dan kondusif saat menggunakan Instagram.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini