icon-category Digilife

Cegah Penipuan, Pengguna Bisa Cek Latar Belakang Teman Kencan di Tinder

  • 11 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Kejadian ‘Tinder Swindler’ bisa jadi membuka mata banyak orang mengenai bahaya dari aplikasi kencan online jika disalahgunakan. Rentan penipuan, Tinder akhirnya merilis fitur background check.

    Pengguna Tinder sekarang bisa memanfaatkan fitur background check yang dapat memeriksa latar belakang orang lain yang bakal jadi teman kencan agar mencegah penipuan yang menyebabkan trauma emosional dan fisik.

    Layanan fitur background check ini hasil kerja sama dengan Garbo, organisasi nirlaba yang visinya memberikan layanan cek latar belakang dengan harga lebih terjangkau dan mudah diakses, yakni sekitar USD2,5.

    Baca juga: 'Tinder Swindler', Waspada Crazy Rich Penipu di Dunia Kencan Online

    Nah, Garbo ini menjalin kerja sama dengan induk usaha Tinder, Match Group, sehingga para pengguna Tinder dapat memanfaatkan layanan cek latar belakang di dalam aplikasi secara gratis.

    Pengguna Tinder harus mengunjungi Safety Center di dalam aplikasi dengan mengklik blue shield. Di bagian tools Safety Center, pengguna akan melihat artikel Garbo yang akan memandu agar bisa diarahkan ke situs resminya, karena background check ada di sana.

    Proses melakukan cek latar belakang teman kencan ini diklaim mudah dan praktis karena bisa langsung diakses langsung di situs resmi Garbo. Pengguna tinggal memasukan nomor telepon dan mencocokan nama orang yang ingin dituju agar bisa mengakses database.

    Jika data yang disajikan kurang lengkap atau tidak memadai, pengguna akan diminta untuk memasukan detail lebih banyak, seperti usia dan lainnya.

    Hal penting dari fitur cek latar belakang ini adalah pengguna bisa melihat data langsung dari sistem peradilan kriminal yang memuat profil tindak kriminal lengkap dengan riwayat kekerasan dan pelanggaran berbahaya.

    Baca juga: Fitur Baru Tinder Bikin Flashback ke Gaya Kencan Era 90-an

    Tujuan dari kehadiran fitur cek latar belakang di Tinder ini adalah membantu para pengguna aplikasi kencan online tetap aman dari para penipu ulung dan pelaku kekerasan, serta lebih memperkenalkan layanan cek latar belakang yang ramah digunakan.

    Pihak Tinder sendiri mendorong para pengguna untuk melaporkan akun teman kencan jika mereka memiliki rekam jejak bermasalah berdasarkan cek latar belakang di Garbo.

    Tinder sebagai aplikasi juga akan mengawal para pengguna agar dap​​at berkomunikasi dengan para pakar melalui chat line yang tersedia 24 jam jika ada beberapa red flags alias hal-hal mencurigakan dari teman kencan.

    Kabarnya, fitur background check ini akan tersedia di beberapa aplikasi kencan online lain seperti OKCupid, PlentyOfFish, Hinge, Azar, dan lain-lain.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini