icon-category Digilife

Cek Tarif Tol Bisa Lewat Google Maps, Begini Caranya

  • 16 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: henry perks/Unsplash

    Uzone.id - Google beberapa bulan lalu berencana akan merilis fitur untuk cek tarif tol di layanan Google Maps, dan bulan ini fitur tersebut sudah bisa dicoba oleh para pengguna.

    Indonesia menjadi satu dari beberapa negara yang dapat keuntungan untuk mencoba fitur ini lebih awal bersama Amerika Serikat, India dan juga Jepang. 

    Hingga saat ini, terhitung ada sekitar 2.000 jalan tol yang sudah bisa dicek tarifnya di Google Maps. Google mengatakan kalau fitur ini menyusul hadir di negara-negara lain.

    Adanya fitur ini bikin pengguna bisa memeriksa opsi rute lain sekaligus mengecek estimasi ongkos yang akan dikeluarkan ketika perjalanan.

    Estimasi biaya tol ini bisa dilihat di tampilan peta Google Maps, tepatnya ada di jalur tol yang akan dilalui oleh pengguna. Google mengklaim kalau tarif tol di Google Maps ini cukup akurat karena informasi didapat dari otoritas tol setempat.

    Baca juga: Kenapa Harus Pakai MyPertamina untuk Kendalikan Konsumsi Pertalite?

    Untuk keterangan harga tol ini akan ada di sebuah kolom berwarna biru, keterangan ini menunjukkan perkiraan waktu dan juga estimasi harga tol di bawahnya.

    Fitur Toll Prices/Engadget

    Fitur Toll Prices ini sudah mulai hadir di beberapa ruas jalan tol di Indonesia. Untuk memunculkan fitur ini, kalian bisa membuka aplikasi Google Maps.

    Setelah itu, tekan ikon foto profil yang ada di bagian pojok kanan atas. Kemudian, pilih menu Settings/Pengaturan, lalu klik Navigations/Setelan Navigasi.

    Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan pilihan See Toll Prices/Lihat tarif kartu toll. Terakhir, geser toggle ke bagian kanan hingga berubah menjadi warna biru.

    Untuk melihat estimasi tarif toll di aplikasi Google Maps, kalian bisa kembali ke halaman utama aplikasi Google Maps.

    Seperti biasa, tentukan terlebih dahulu tujuan dan rute yang ingin dituju. Jangan lupa untuk memastikan kalian telah memilih ikon mobil.

    Selanjutnya, estimasi tarif akan muncul dengan otomatis pada rute perjalanan yang melalui jalan tol.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini