Digilife

CEO WhatsApp Sebut Apple Tak Ingin Orang Gunakan Android

  • 17 March 2021
  • Bagikan :

    CEO WhatsApp Will Catchcart

    Uzone.id - Raksasa teknologi Facebook dan Apple telah menyatakan perang secara terbuka. CEO Apple Tim Cook, serta CEO Facebook Mark Zuckerberg telah secara terbuka mengkritik perusahaan satu sama lain, tanpa batasan.

    Pertarungan menjadi semakin panas ketika CEO WhatsApp Will Cathcart turut melontarkan pernyataan yang menyudutkan Apple dalam sebuah wawancara di 'Big Technology Podcast'.

    Hal ini sendiri bermula, saat Apple memperbarui kebijakan privasi aplikasi di ekosistem miliknya, dimana semua pemilik aplikasi wajib memberikan Transparansi Pelacakan Data pengguna aplikasi.

    BACA JUGA: DPR Tidak Masukkan Revisi UU ITE dalam Prolegnas Prioritas 2021

    Hal tersebut yang ternyata tidak disukai oleh Facebook. Catchcart menyebut label privasi Apple diskriminatif dan mengatakan bahwa Apple tidak mendukung orang yang menggunakan ponsel Android.

    "Saya berasumsi bahwa Apple berkepentingan agar semua orang menggunakan iPhone, maksud saya, tentu saja. Dan Anda melihat tempat seperti AS, kebanyakan orang memiliki iPhone, dan pengalaman pengiriman pesan bekerja lebih baik di iMessage jika semua orang memiliki sebuah iPhone, "kata Cathcart, seperti dikutip Uzone.id dari Times Now News, Rabu (17/3).

    “Tentunya demi kepentingan strategis mereka bahwa orang tidak menggunakan sesuatu seperti WhatsApp karena mereka ingin orang tidak menggunakan ponsel Android,” tambahnya lebih lanjut.

    Baca juga: Polisi Virtual Mulai Beraksi

    Berbicara tentang label privasi, Cathcart mengatakan bahwa apa pun tujuan label ini, WhatsApp bersaing dengan iMessage (aplikasi perpesanan milik Apple) dan di AS lebih banyak orang menggunakan iMessage daripada WhatsApp.

    “Anda tidak melihat label untuk iMessage saat Anda mengunduhnya karena Anda tidak mengunduhnya, itu ada di ponsel Anda untuk memulainya. Jadi, kami mengkritik itu,” tambahnya.

    iMessage sendiri sebetulnya sudah dilabeli mengenai apa saja yang data dan informasi yang dikumpulkan, namun memang tidak serta merta bisa dihapus begitu saja.

    Ketika ditanya tentang apakah Apple melihat Facebook sebagai pesaing terbesar seperti yang terakhir dilakukan, Cathcart menyebutkan bahwa minat utama Apple adalah membuat semua orang menggunakan iPhone.

    "Jika orang beralih ke sesuatu seperti WhatsApp atau layanan lain, lebih mudah bagi teman mereka untuk bolak-balik antara iPhone atau Android," kata Cathcart.

    Menurutnya, Apple tidak ingin orang menggunakan WhatsApp karena mereka ingin orang menggunakan iMessage.