home ×
Gadget

CES 2021: Deretan TV Pintar QLED Samsung, Bahannya Ramah Lingkungan?

08 January 2021 By
CES 2021: Deretan TV Pintar QLED Samsung, Bahannya Ramah Lingkungan?
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Samsung)

Uzone.id -- Menjelang pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) yang akan digelar secara virtual pada 11-14 Januari waktu Las Vegas, Amerika Serikat, Samsung sudah lebih dulu membocorkan deretan produk TV pintarnya. Selain teknologi canggih yang diusung, Samsung mengklaim material produk ini eco-friendly, alias ramah lingkungan.

Dari pernyataan Samsung yang diterima Uzone.id, raksasa Korea Selatan ini mengaku akan memulai perjalanan go green selama beberapa tahun ke depan.

Salah satu pembuktiannya yaitu dengan mengurangi jejak karbon dalam proses produksi TV, serta menurunkan konsumsi daya dan memakai lebih banyak bahan daur ulang di lini produk smart TV.

Baca juga: CES 2021: Sony Siapkan Jajaran TV Pintar OLED 100 Inci

Di tahun 2021 ini, TV pintar Samsung akan hadir dengan remote control bertenaga surya yang dapat diisi ulang dengan cahaya secara outdoor dan indoor, ataupun USB.

(Foto: dok. Samsung)

Sementara jajaran TV pintar yang akan Samsung boyong ke CES 2021 adalah model flagship Neo QLED 8K (QN900A) dan 4K (QN90A).

Diketahui layar QLED pada kedua produk ini memanfaatkan Quantum Mini LED yang dikontrol secara presisi dengan prosesor gambar gambar bertenaga yang dioptimalkan, yakni Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor.

Secara singkat, Quantum Matrix Technology ini memungkinkan kendali halus dan presisi dari LED yang padat. Artinya, teknologi ini bisa membantu area gelap menjadi lebih gelap, sementara area terang pada layar menjadi lebih cerah lagi.

(Foto: dok. Samsung)

Sementara Neo Quantum Processor menggunakan teknologi AI upscaling dan deep learning demi mengoptimalkan kualitas gambar menjadi 4K dan 8K.

Secara tampilan, seri Neo QLED 8K ini mengusung desain Infinity One Design, yakni layar dengan tepian atau bezel yang super ramping. Tak lupa dibekali fitur audio premium Object Tracking Sound (OTS) Pro yang mengikuti pergerakan objek di layar, serta SpaceFit Sound yang bisa menganalisis lingkungan fisik di sekitar TV.

Baca juga: Ini Alasan Samsung Jadi 'Hobi' Jualan Ponsel Sejutaan

Hal yang ditonjolkan Samsung lainnya berkaitan dengan sisi kesehatan, mengingat tahun 2021 ini masih diselimuti oleh pandemi, tampaknya perusahaan tetap ingin konsumen bugar selagi di rumah.

Neo QLED 8K dan 4K TV ini menyuguhkan fitur Samsung Health dan Smart Trainer yang bisa mengubah rumah terasa seperti gym pribadi. Tak lupa aspek hiburan seperti Super Ultrawide GameView, Game Bar, dan Google Duo untuk untuk produktivitas seperti video call.

Produk terakhir yang akan dipamerkan di CES 2021 adalah Micro LED.

Micro LED Samsung. (Foto: dok. Samsung)

Layar ultra besar yang terdiri dari ukuran 99 inci dan 110 inci ini secara singkat akan mengusung lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional.

Tak lupa, Samsung juga menggunakan Monolith Design yang menampilkan rasio screen-to-body 99 persen, sehingga ketipisannya membuat layar ini tampil begitu stylish dan membuat pengguna fokus pada kualitas gambar yang disuguhkan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article