home ×
Gadget

CES 2021: Sony Siapkan Jajaran Smart TV OLED Raksasa 100 Inci

08 January 2021 By
CES 2021: Sony Siapkan Jajaran Smart TV OLED Raksasa 100 Inci
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Sony

Uzone.id -- Perusahaan teknologi Sony mempersiapkan koleksi flagship TV pintarnya untuk pameran tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2021. Lini produk smart TV Sony ini gabungan dari model layar LED dan OLED dengan layar mencapai 100 inci.

Layar TV pintar Sony ini disebut akan mengusung loncatan dari platform Android TV ke sistem Google TV yang sudah ditingkatkan. Dengan kata lain, tampilan antarmuka TV pintar yang sudah diperbaharui ini menawarkan desain lebih modern yang menonjolkan konten. Jadi, pengguna akan lebih puas saat menikmati tayangan video dan film.

Mengutip Business Insider, Sony juga membekali jajaran TV anyarnya ini dengan teknologi prosesor terbaru, yakni Cognitive Processor XR yang dapat mengoptimalkan gambar dengan cara menganalisis elemen yang berbeda-beda.

Tak seperti sistem prosesor gambar AI, Sony mengatakan metode tersebut dapat memahami bagaimana manusia benar-benar melihat gambar bergerak lebih baik.

Baca juga: Sony Pastikan PS4 dan PS4 Pro Akan Berhenti Diproduksi

Yang pertama mari bahas TV 8K LED terlebih dahulu.

Diberi nama Z9J 8K LED TV, produk ini diklaim impresif karena lebih mengutamakan tingkat terang (brightness) pada layar dan kemampuan kontras ketimbang resolusi. Sebagai tambahan panel 8K, TV pintar ini juga mendukung kemampuan meredup yang telah dirancang sedemikian rupa.

(Foto: Sony)

Baca juga: Sony AI Bikin Robot Memasak untuk Bantu Koki

TV model tahun lalu, Z8H mampu mencapai tingkat cahaya 2.000 nits, dan banyak yang berharap Z9J 8K LED TV ini akan menawarkan performa yang sama.

Untuk harga tentunya belum ada bocoran. Jika membandingkan dengan produk tahun lalu, Z8H 8K TV yang ukuran 85 inci dibanderol USD9.000 atau setara Rp126 juta. Kemungkinan besar Z9J 8K LED TV ini akan lebih mahal karena ukuran yang lebih besar.

Beralih ke Sony A90J 4K OLED TV.

TV dengan layar OLED tentunya banyak digemari karena dapat menyuguhkan gambar lebih terang dengan akurasi yang tajam. TV A90J 4K OLED TV ini mendukung kontras pixel-level dengan tingkat warna hitam yang murni.

(Foto: Sony)

Sony menambahkan material aluminium ke produk ini agar layar dapat memencarkan tingkat panas lebih baik. TV ini juga menggunakan emisi cahaya WRGB ketimbang hanya memanfaatkan cahaya putih saja.

Jika calon konsumen tertarik dengan TV OLED Sony versi lebih murahnya, Sony turut menyiapkan model baru bernama A80J yang tingkat terangnya sedikit diperbaharui dari versi tahun lalu. Kedua TV OLED ini sama-sama mendukung teknologi Acoustic Surface Audio+ yang dapat menyulap layar menjadi speaker.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article